Wabup Sintang Sudiyanto Akan Meneladani Sifat Santo Yosef Selama Bertugas

oleh
Wabup Sintang, Sudiyanto

SINTANG, KN — Hari pertama menempati rumah dinas jabatan, Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto dan keluarga melaksanakan doa bersama di Langkau Kita, Rabu 10 Maret 2021.

Misa yang dimulai sejak pukul 17.00 WIB tersebut di pimpin oleh Pastor Florianus Abong, Pr sebagai Pastor Paroki Kristus Raja Katedral Sintang didampingi tiga orang imam lainnya yakni Pastor Antonius Gatot Wibowo, SMM, Pastor Yohanes Pranoto, Pr dan Pastor Samuel, Pr.

Pada kesempatan itu, Sudiyanto menyampaikan bahwa ia seorang pengagum keteladanan Santo Yosef. Ada sedikit dari banyak keteladanan Santo Yosef ada dalam injil itu yang diikuti dan dipercayainya, yaitu tentang nilai kejujuran, melayani, mau mendengarkan orang lain.

“Nilai ini akan saya ikuti dalam menjalankan tugas dan amanah dari masyarakat. Saya dan istri merupakan bagian dari umat, kami ini orang biasa. Kami ingin bekerjasama dengan seluruh umat dan masyarakat. Dalam menjalankan tugas, sebagai orang awam, kami ingin membangun masyarakat dan umat. Itu harapan dan cita-cita saya,” kata Sudiyanto.

Selama tinggal di Langkau Kita, Sudiyanto meminta agar para tokoh agama tidak sungkan berkunjung untuk berdiskusi membangun Kabupaten Sintang.

“Rumah dinas ini saya sebut langkau kita atau rumah kita. Ini milik kita semua karena dibangun dengan uang rakyat. Maka kalau ada masyarakat, pastor, suster ingin bertemu dan berkomunikasi, silakan datang,” katanya.

Pastor Paroki Kristus Raja Katedral Sintang, Florianus Abong, Pr dalam kotbahnya menyampaikan bacaan injil pada misa ini adalah menceritakan keluarga Santo Yosef, sesuai dengan nama baptis Wakil Bupati Sintang yakni Yosef Sudiyanto.

“Saya yakin Pak Yosef Sudiyanto mengagumi dan meneladani Santo Yosef dalam berkarya. Semangat yang ditunjukan oleh Santo Yosef, diharapkan bisa menjadi penyemangat setiap orang dalam berkarya,” harap Pastor Florianus Abong.

Pastor bercerita kehidupan Santo Yosef sudah berperan menjaga dan membesarkan Tuhan Yesus Kristus. Santo Yosef digambarkan sebagai orang yang penuh kasih, lemah lembut, penuh cinta, berani, kreatif dan pekerja keras.
Menurut Pastor, sangat indah apabila keteladanan Santo Yosef ini bisa ditiru dan diemban oleh siapa saja.

“Saya berpesan kepada Bapak Wakil Bupati Sintang dalam menjalankan tugas semaksimal mungkin. Tentu dengan kerja keras, penuh kasih, merangkul semua orang, membuka diri untuk siapa pun. Dan tentu bersama-sama memperjuangkan kesejahteraan bagi semua orang. Semua yang indah ini, akan terjadi, kalau Allah kita bawa dalam kehidupan kita. Kalau kita mengandalkan Tuhan, kalaupun tugas itu berat, maka akan bisa dilalui dengan semangat ketaatan,” pesannya. (GS)