Wabup Sudiyanto Ucap Terima Kasih Pada OPD yang Mampu Capai Targe PAD

oleh Sebar Tweet

SINTANG, KN — Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto berterima kasih kepada Organisasi Perangkat Derah  (OPD) yang sudah mampu mencapai target bahkan ada yang melebihi target PAD tahun 2020.

Hal itu disampaikan saat membuka dan menghadiri Rapat Evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sintang Triwulan IV Tahun 2020 di Aula Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang pada Selasa, (23/3/2021).

OPD yang sudah mampu mencapai target dan melebihi target PAD tahun 2020 antara lain Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM).

“Saya beterima kasih kepada OPD yang sudah mampu mencapai target bahkan melebih target PAD tahun 2020. Sementara ada juga yang realisasi PAD masih dibawah target seperti Bapenda mencapai 80 persen, Dinas Lingkungan Hidup 51 persen, Disnakertrans 95 persen, Disporapar 74 persen, Dinas Perhubungan 67 persen, Sekretariat Daerah 48 persen, dan RSUD AM Djoen 91 persen,” ungkapnya.

Sudiyanto berharap pencapaian realisasi PAD di tahun 2021 bisa lebih maksimal lagi. Sebab menurutnya, masih banyak potensi PAD yang belum digali dan akan memberikan dampak bagi masyarakat dan kemandirian daerah. “Saya minta evaluasi ini tidak hanya seremonial saja, tetapi mampu menghasilkan kebijakan yang efektif,” pintanya.

Sudiyanto meminta semua OPD melakukan intesifikasi, ekstensifikasi, pendataan objek pajak daerah yang belum terdaftar.

“Lakukan sosialisasi peraturan soal pajak daerah secara kontinyu kepada seluruh lapisan masyarakat. lakukan edukasi juga kepada masyarakat. lalu awasi pelaksanakan pengelolaan pajak daerah,” harpanya.

Sudiyanto memastikan siap membantu dan mendukung upaya optimalisasi pajak daerah ini. Dan mohon dukungan juga dari DPRD Kabupaten Sintang.

“Lakukan sosialisasi pentingnya pajak daerah bagi pembangunan kepada masyarakat. seharusnya PAD meningkat dari tahun ke tahun, seiring kebutuhan dana untuk pembangunan yang terus meningkat,” jelasnya. (GS)