Waka Polda Pimpin Apel Patroli di Polres Sintang

oleh

SINTANG, KN – Personel Polres Sintang, BKO Polda Kalbar, BKO Brimobda Polda Kalbar dan Satuan TNI Kodim 1205 Sintang mengikuti gelar Apel patroli terpadu dalam rangka Antisipasi potensi kerawanan jelang masa pencoblosan Rabu 9 Desember, bertempat di halaman Mapolres Sintang, Selasa (8/12/2020) malam.

Apel patroli malam skala besar dipimpin langsung Waka Polda Kalbar Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K. dan dihadiri oleh Pamatwil Polda Kalbar untuk Polres Sintang Kombes Pol Widi Atmoko, S.I.K, M.H., Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak, S.I.K, S.H, M.I.K, Dandim 1205 Sintang Letkol INF Eko Bintara Saktiawan, Dankie Brimob Yon C pelopor Brimobda Polda Kalbar Iptu Sugianto.

Dalam arahan apel malam sebelum pelaksanaan Patroli digelar, Waka Polda Kalbar meminta para personel patroli untuk melaksanakan giat Patroli dengan penuh rasa tanggung jawab serta keihklasan karena dengan kegiatan patroli yang dilaksanakan dapat mencegah dan menghilangkan niat dari para pelaku kejahatan.

Jenderal Bintang satu ini juga meminta kepada para petugas patroli gabungan untuk melakukan pengecekan dan menyambangi lokasi obyek Vital, instansi penyelanggara Pemilu seperti KPU, Bawaslu dan Gudang Logistik Pemilu, Posko pemenangan para paslon, bahkan TPS-TPS yang tentunya telah dipersiapkan oleh petugas KPPS dan PPK untuk memastikan kondisi yang ada, sehingga Pelaksanaan masa pungut dan hitung suara di TPS dapat berjalan dengan aman, lancar dan sehat.

“Kita sadari bahwa Pelaksanaan pemilu kali ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya, dimana Pemilu kali ini kita dihadapkan dengan kondisi Pandemi Covid19, untuk itu perlu kita ingatkan kepada para petugas di TPS-TPS yang nantinya saat patroli kita singgahi dan kita ingatkan jika kesiapan prokes di lokasi TPS belum dipenuhi agar segera dilengkapi,” tegas Waka Polda.

Patroli malam ini digelar sebagai bukti adanya jaminan keamanan bagi warga masyarakat akan pelaksanaan pemilu di Kabupaten Sintang dan masyarakat diharapkan untuk dapat memberikan hak suaranya tanpa adanya rasa takut dan was-was, karena aparat keamanan akan memberikan jaminan keamanan melalui pengamanan selama berlangsungnya pemilu digelar dan tentunya masyarakat tidak perlu takut terpapar oleh virus karena disetiap TPS telah mengikuti Prokes yang ada.

Patroli ini juga dilakukan guna mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas serta menekan niat-niat para pelaku kejahatan yang tidak bisa diprediksi namun hal ini dapat dicegah melalui patroli yang terus ditingkatkan, dan semua ini untuk memberikan rasa aman bagi warga masyarakat selama pelaksanaan Pencoblosan nanti.

“Dengan patroli yang kita gelar setidaknya dapat menekan serta meminimalisir gangguan Kamtibmas serta niat pelaku kejahatan dan tentunya partisipasi seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sintang sangat dibutuhkan untuk bersama-sama menciptakan situasi yang aman, damai, sejuk dan sehat ,”pukas Brigjen Pol Asep.

Selesai dilaksanakan Apel selanjut nya Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak didampingi Dandim 1205 Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, langsung mengumpulkan para perwira dari satuan TNI-Polri dan Brimob guna pembagian tugas patroli sesuai route-route yang telah ditentukan. (Hr)