Wujudkan Desa Mandiri, Pemkab Sintang Berkolaborasi dengan TNI-Polri

oleh

SINTANG, KN – Setakat ini Pemerintah Kabupaten Sintang bersama TNI dan Polri terus berkolaborasi. Tujuannya tidak lain agar dapat menciptakan desa mandiri di setiap desa yang ada di Sintang.

“Jadi, Pemkab Sintang bersama jajaran TNI dan Polri punya tugas bersama untuk bagaimana mewujudkan desa sangat tertinggal di Kabupaten Sintang yang jumlahnya 86 desa bisa menjadi desa tertinggal hingga berkembang bahkan sampai menuju desa mandiri,” kata Bupati Sintang, Jarot Winarno saat melakukan dialog bersama masyarakat Desa Panekasan di Balai Pertemuan Desa Panekasan, Sabtu (15/2/2020).

Jarot menjelaskan bahwa ada 5 kategori sebuah desa yakni sangat tertinggal, tertinggal, desa berkembang, desa maju, dan desa mandiri. Nah, di Kabupaten Sintang, baru ada 6 desa mandiri dan 10 desa maju. “Jadi, dari 391 desa kita tuh baru ada 6 desa mandiri dan 10 desa maju. Tapi saya harap kedepannnya Desa Panekasan ini bisa menjadi desa berkembang dengan kita sama-sama memperbaiki sarana dan prasarana. Karena kurangnya disini yakni fasilitas kesehatan, nanti kita ajak dewan yang hadir ini bicarakan hal ini dengan dinas kesehatan bagaimana solusinya apakah di bangun poskesdes atau pustu,” pungkas Bupati.

Selain itu, Bupati Jarot mengklaim bahwa terjadi penurunan angka kemiskinan selama masa pemerintahannya di Kabupaten Sintang. Dimana, tahun 2016 penduduk miskin di Kabupaten Sintang masih 10,7 persen, tahun 2017 naik jadi 10,22 persen. Kemudian 2018 naik kembali menjadi 10,35 persen. Nah, tahun 2019 mengalami penurunan menjadi 9,65 persen.

Hal itu pun menandakan ketimpangan pendapatan ekonomi masyarakat pedalaman di bandingkan dengan masyarakat di perkotaan kurang lebih sama atau ketimpangan itu kecil. “Jadi Kabupaten Sintang itu terbaik se-Kalbar di hitung dari rasio gini yakni 0,26 persen. Jadi itulah yang terbaik dari Kabupaten Sintang, angka kemiskinan sudah turun dan angka ketimpangan juga sudah turun. karena kita membangunnya juga dari pinggiran atau pedalaman. Udah terasa efek pembangunan yang kita lakukan nih,” pungkasnya. (*)