Yanieta: Perlu Adanya Peningkatan Kemampuan Dalam Mengolah Ikan

oleh
oleh
TP-PKK Kota Pontianak Gelar Seminar. Poto: Hasnan

PONTIANAK, KN – Kota Pontianak ada dua Sungai terdiri dari Sungai Kapuas dan Sungai Landak miliki potensi yang memberikan manfaat yang luar biasa kepada masyarakat. Hasil sungai berupa ikan sangat mudah diperoleh.

Apalagi salah satu sumber protein itu bisa di olah sehingga menghasilkan produk yang memiliki nilai ekonomis. 
 
Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie menilai perlu adanya peningkatan kemampuan dalam mengolah ikan.

Kemudahan memperoleh ikan ini seharusnya bisa di manfaatkan oleh masyarakat untuk di olah sebagai sumber pendapatan ekonomi keluarga,” ujarnya usai mengikuti Webinar Peningkatan Kompetensi Wirausaha Kelautan dan Perikanan di Kota Pontianak, Selasa (21/7/2020) kemarin.
 
TP-PKK Kota Pontianak bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak menggelar Web Seminar (Webinar) Peningkatan Kompetensi Wirausaha Hasil Kelautan dan Perikanan di kota Pontianak tahun 2020.

Webinar ini berlangsung mulai tanggal 21-22 Juli 2020 di Sekretariat PKK Kota Pontianak.

Para narasumber akan menyampaikan materi sekaligus membimbing praktek pengolahan pilus ikan, proses pengolahan Fish Skin dan teknologi pengemasan,” jelasnya.
 
Yanieta, yang juga selaku Ketua Forikan Kota Pontianak, menerangkan banyak kesempatan di berikan, selain materi cara mengolah makanan juga di berikan bagaimana teknik packaging atau pengemasan yang baik.

Saya yakin melalui seminar ini kreativitas, kemampuan dan keahlian mereka akan meningkat dalam mengelola hasil perikanan di Kota Pontianak jelasnya.
 
Dirinya berharap para pengrajin tidak perlu kuatir untuk memasarkan produk-produk mereka.

karena Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan siap bekerjasama dengan pihaknya.

Dimana salah satu programnya adalah meningkatkan wirausaha, menumbuhkan kemampuan wirausaha sehingga mempunyai pengalaman untuk menghasilkan sekaligus memasarkan produk,” pungkasnya.(Hasnan)