Yustinus: Pariwisata Motor Penggerak Perekonomian

oleh

SINTANG, KN – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus membuka pelaksanaan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata Tahun 2020 di Aula Hotel Cika pada Senin (21/9/2020).

Yustinus menyampaikan bahwa sektor pariwisata memiliki peran yang penting sebagai motor penggerak atau daya ungkit terhadap perekonomian baik secara nasional bahkan sampai kepada tingkat daerah dan masyarakat.

“dukungan pemerintah daerah terhadap pengembangan ekonomi di sektor kepariwisataan diantaranya adalah dengan pengembangan sumber daya manusia terhadap pelaku industri dan pengelola pariwisata melalui, kegiatan pelatihan, bimbingan teknis serta pendampingan terhadap para pelaku yang bergerak pada bidang industri pariwisata. Para peserta pelatihan yang ikut pada kegiatan ini dituntut untuk memiliki komitmen dan kemauan yang kuat untuk bersinergi dengan semua pihak untuk bersama-sama membangkitkan kesadaran masyarakat untuk mengembangkan destinasi wisata yang ada di wilayahnya masing-masing” terang Yustinus.

Lanjut Yustinus, pada saat ini kita semua sedang menghadapi wabah covid-19 gelombang kedua, untuk itu saya menghimbau kepada kita semua untuk saling waspada dan menjaga diri kita dan keluarga kita dalam setiap aktivitas agar selalu memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak serta meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

“wabah covid-19 ini berdampak sangat luar biasa dan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi negara maupun terhadap ekonomi masyarakat. untuk itu sektor pariwisata sebagai penopang perekonomian kita juga ikut terdampak. Akibat daripada itu semua pemerintah daerah melalui dinas pemuda, olahraga dan pariwisata kabupaten sintang melaksanakan program dan kegiatan peningkatan sumber daya manusia sektor pariwisata dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan ketrampilan dalam bidang tata kelola destinasi wisata di Kabupaten Sintang” tambah Yustinus.

Yustinus berharap, kepada para peserta yang mengikuti pelatihan ini agar dapat memanfaatkan momen yang baik ini, dengan harapan muncul ide, gagasan inovatif guna memajukan pariwisata di Kabupaten Sintang.

“Kepada para peserta selama mengikuti pelatihan mampu untuk berinteraksi dengan tukar menukar pengalaman dan informasi tentang kepariwisataan yang ada di wilayahnya dengan sesuatu yang baru untuk memajukan kepariwisataan di Kabupaten Sintang, harap Yustinus. (SS)