32 PKS SMP di Melawi di Lantik

oleh

MELAWI (kalimantan-news) – Satuan Lalu Lintas ( Sat Lantas) Polres Melawi, melakukan pelantikan 32 Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMP Negeri 01 Nanga Pino, Senin (22/1) di halaman sekolah. Kegiatan tersebut diselingi didalam upacara sekola, dimana Kasat Lanta, AKP Aang Permana bertindak sebagai Inspektur Upacara, sekaligus yang melantik para siswa dan siswi.

Sedangkan Melani Putria Kinjan, siswa kelas 8 SMP Negeri 01 Nanga Pinoh yang menjadi pemimpin upacaranya.
Pada pelantikan tersebut dihadiri pejabat di lingkungan Sat Lantas Polres Melawi, Kepala sekolah SMP Negeri 01 Nanga Pino, Theresia Idayan, para guru dan staf, serta siswa SMP Negeri 01 Nanga Pinoh. Pelantikan PKS tersebut ditandai dengan penyematan tutup kepala atau topi PKS Kepada secara simbolis yang diwakili oleh siswa bernama Ajri Hirpada Najmi dan Meisya Salsabila.

Kasat Lantas dalam arahannya menyampaikan, bahwa PKS adalah suatu wadah dari partisipasi pelajar bidang lalulintas khususnya pemahaman berlalulintas dengan baik dan bena. Mampu mengatur lalulintas dilingkungan sekolahnya, serta menanamkan kebiasaan disiplin berlalulintas.

“Kita juga berharap, PKS yg ada bisa ikut andil dalam program Polda Kalbar sedang dijalankan yakni Cegah Anak Bawa Kendaraan Bermotor yang disebut Camot. Artinya bisa ikut menyarankan teman-temannya ubtuk pulang dan pergi sekolah memakai sepeda atau diantar jemput oleh orang tu,” ungkap Aang.

Pada kesempatan itu, Aang juga mengatakan, khusus untuk anggota PKS SMP Negeri 01 Nanga Pinoh dalam melaksanakan tugas pengaturan lalulintas di Jalan Raya depan sekolah, tanamkan disiplin pribadi yang tinggi dalam pelaksanaan tugas, memperhatikan keselamatan diri sendiri maupun orang lai. “Agar selain bisa menyelamatkan orang lain, juga menjaga keselamatan diri sendiri juga,” pungkasnya. (DI/KN)