TMMD Membangkitkan Semangat Gotong Royong di Masyarakat

oleh

MELAWI – Berbagai kegiatan sosial yang dilakukan TNI dalam pelaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 yang dilakukan Kodim 1205/Sintang. Meningkatkankan kembali semangat gotong royong di pedesaan, para TNI tersebut juga memberikan pelayanan kesehatan secara gratis.
Di Desa Tanjung Paoh Kecamatan Pinoh Utara misalnya, selain melakukan gotoing royong membangun desa, tim kesehatan TMMD juga memberikan pengobatan gratis pada masyarakat di Desa Tanjung Paoh tersebut.

Menurut Sertu Supardi, salah seorang personil tim kesehatan Satgas TMMD ke 103 Kodim 1205/Sintang mengatakan, memberikan pelayanan kesehatan pengobatan gratis adalah salah satu program non fisik TMMD ke 103 Kodim 1205/Sintang.

“Pelayanan kesehatan geratis ini dilaksanakan di Posko TMMD yang berada di Desa Tanjung Paoh dengan melibatkan dua personil kesehatan dari Denkesyah Sintang dan siap melayani warga hingga selesainya kegiatan TMMD,” katanya, Jumat (26/10).

Dalam pengobatan gratis tersebut, berbagai macam keluhan penyakit dari warga yang disampaikan kepada tim kesehatan, mulai dari sakit perut, sakit kepala, flu, gatal-gatal dan demam.

“Mereka langsung mengunjungi posko TMMD yang sudah disiapkan oleh tim kesehatan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya,” ujarnya.

Warga Desa Tanjung Paoh sangat mengapresiasi dengan kehadiran tenaga medis dari TNI. Disamping itu animo masyarakat juga sangat antusias untuk memeriksakan kesehatannya. Syahbandi, salah seorang warga Desa Tanjung Paoh mengakui masyarakat sangat bersyukur kedatangan TNI dari tim kesehatan untuk melengkapi kebutuhan warga yg selama ini sangat minim tenaga medis, bahkan kadang sampai mendatangkan tenaga medis dari Nanga Pinoh.

“Warga yang mendapatkan pengobatan gratis dari Tim Satgas TMMD merasa sangat tertolong dan sangat mengapresiasi dengan adanya pelayanan kesehatan gratis ini,” ungkapnya.

Pelaksanaan gotong royong tersebut juga tidak hanya dilakukan di Desa Tanjung paoh saja. Namun pihak Tim TMMD juga melaksanakan gotong royong di Desa Tanjung Arak Kecamatan Pinoh Utara. Di desa tersebut, sejumlah prajurit TNI dari Satgas TMMD Regional ke 103 ini bergotong royong dengan warga Desa Tanjung Arak berjumlah 40 orang menggelar aksi bersih-bersih lingkungan desa dengan sasaran adalah semak belukar yang ada di selokan, jalan dan jembatan.

Pasiter Kodim 1205/Sintang, Kapten Inf. Gurning, yang memimpin kegiatan itu mengatakan, kegiatan ini dilakukan selain untuk mengantisipasi tersumbat selokan yang bisa mengakibatkan banjir, juga mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dikatakan Gurning, Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, juga agar warga masyarakat terhindar dari timbulnya banyak penyakit mengingat sudah masuk musim penghujan.

“Mudah-mudahan dengan kerja bakti ini banyak manfaatnya. Air dapat mengalir dengan lancar ke muara, sehingga kalau hujan tidak meluap menggenangi pemukiman warga,” sebut Gurning disela-sela kegiatan itu.

Selain mencipatakan lingkungan bersih dan indah lanjut Gurning, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana bersilahturahmi antara sesama warga dan TNI. “Kita sangat bangga dengan upaya masyarakat Tanjung Arak dalam gotong royong ini. Warga dan aparat kompak melakukan kerja bakti,” ungkap Gurning.

Kepala Desa Tanjung Arak, Sapardi mengatakan, di desa tersebut, biasanya kalau musim hujan datang, warga banyak yang terkena DBD.

“Untuk itu kami sangat senang TNI mau berpartisipasi membersihkan kampung kami,” imbuh.
Pria yang akrab disapa su Sapar oleh warga desa setempat mengatakan, kegiatan seperti ini memang harus dilakukan secara rutin. Dia yakin, jika seluruh warga menyadari arti kebersihan, maka Desa Tanjung Arak akan bebas tergenang air, DBD dan sampah. Makanya saat inilah waktunya kita bersama-sama peduli terhadap lingkungan,” ujarnya.

Tim TMMD juga memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada masyarakat di Desa Tanjung Paoh dan Desa Tanjung Arak, Pinoh Utara, Melawi. Kegiatan tersebut menjadi salah satu target program TMMD ke 103 Kodim 1205/Sintang. Penyuluhan wawasan kebangsaan ini di ikuti sekitar 70 orang warga disambut antusias.

Dandim 1205 Sintang, Letkol Rahmad Basuki, mengatakan materi yang diberikan meliputi Bela Negara, Pancasila dan NKRI. Basuki menjelaskan, maksud dilaksanakan penyuluhan untuk memberi gambaran kepada masyarakat tentang jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.
Adapun tujuan dari penyuluhan wawasan kebangsaan ini lanjut Basuki adalah meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam rangka menjaga keutuhan NKRI, sehingga masyarakat semakin cinta terhadap NKRI.

“Saya senang bisa memberikan materi wawasan kebangsaan kepada masyarakat di lokasi dilaksanakannya TMMD ini. Selain antusias warga, juga sangat senang dengan adanya kegiatan penyuluhan dari kami,” imbuh Kapten inf. Hendi.

Hendi berharap, melalui kegiatan penyuluhan ini dapat membentuk karakter masyarakat yang lebih baik dan menumbuhkan sikap, rela berkorban, tolong menolong, toleransi dan nasionalisme. Sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan masyarakat serta menjaga keutuhan NKRI.

Dikatakan Hendi, jika wawasan kebangsaan bagi generasi penerus harus ditanamkan sedini mungkin, sehingga kedepan mereka akan mencintai bangsa ini dan menjaga keutuhan NKRI. Dia juga menyebutkan, TMMD tidak hanya fokus pada pembangunan fisik semata, namun non fisik juga perlu ditanamkan pada generasi muda maupun elemen masyarakat. (Ed/KN)