Air Terjun Desa Poring Potensi Jadi BUMDes

oleh
Pendamping Desa Ketika melihat lokasi air terjun yang berada di Desa Poring Kecamatan nanga Pinoh

MELAWI, (Kalimantan-News) – Desa Poring kecamatan Nanga Pinoh memiliki potensi wisata alam yang cukup menjanjikan jika dikelola dengan baik untuk dijadikan Badan usaha Milik Desa (BUMDes). Pasalnya di desa tersebut banyak terdapat riam yang cukup cantik, diantaranya adalah riam batu licin dan air terjun.

Pj Kades Poring, Nikodemus mengatakan, pihaknya telah melakukan musyawarah dengan masyarakat untuk membahas potensi wisata alam tersebut. Kata dia warga sangat mendukung jika potensi tersebut dikelola.

“Meskipun saya tidak lama di sini, saya berkomitmen untuk memajukan desa Poring satu diantaranya menjadikan desa Poring sebagai tujuan wisata, kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait supaya niat baik saya ini bisa terwujud,” kata Nikodemus, kemarin.

Nantinya, kata Nikodemus, jika wisata alam ini sudah terwujud pihaknya juga akan membangun pasar desa bagi masyarakat. Nantinya warga bisa berjualan berbagai hasil pertanian dan perkebunan di pasar tersebut kepada para wisatawan yang datang. “Warga bisa menjual sayur mayur dari hasil kebun, bisa menjual beras lokal, kerajinan tangan, jasa parkir atau mungkin jasa ojek, secara otomatis perekonomian masyarakat di sini juga akan meningkat,” katanya.

Selain perekonomian masyarakat, kata Nikodemus, dampak positif yang akan dihasilkan adalah akses jalan yang lebih baik. Sebab kondisi jalan di desa Poring sampai dengan saat ini memang masih belum memadai.
Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Nanga Pinoh, Hutapiadi mengungkapkan, rencana yang digagas oleh kades Poring tersebut sangat menarik, maka dari itu diperlukan dukungan dari berbagai pihak baik oleh pemerintah daerah maupun pusat.

“Sebelum mengajukan proposal ke kementrian pariwisata tentu pihak desa harus memulai lebih dulu dengan cara membentuk BUMdes, dari situ desa bisa melakukan penyertaan modal, sehingga saat mengajukan proposal ke pusat akan lebih mudah karena sudah ditunjang oleh pemerintah desa,” katanya.

Dengan bumdes ini, bukan hanya warga saja yang merasakan manfaatnya, namun juga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Jika PA Desa bisa meningkat secara otomatis pembangunan di desa itupun akan lebih baik pula. (Edi/KN)