ANBK di Kabupaten Sintang Hadapi Kendala di Daerah Pedalaman

oleh
oleh

SINTANG, KN – Baru-baru ini, pelajar Sekolah Dasar (SD) menyelesaikan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) selama dua hari. Walaupun secara keseluruhan pelaksanaan ANBK berjalan dengan baik, namun tantangan signifikan muncul di daerah pedalaman Kabupaten Sintang, di mana ketersediaan jaringan internet menjadi kendala utama.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Yustinus, mengakui kendala tersebut ketika diwawancarai pada Jumat, 26 Oktober 2023. “Kendala utama dalam pelaksanaan ANBK, terutama di daerah pedalaman atau perbatasan, adalah ketersediaan jaringan internet,” ungkapnya.

Yustinus menjelaskan bahwa daerah-daerah perbatasan seperti Serawai, Ambalau, dan Kayan Hulu menghadapi kondisi sinyal yang kurang baik bahkan tidak ada sama sekali. “Dalam kondisi tersebut, para guru akhirnya harus membawa siswa mencari spot-spot yang memiliki sinyal sebagai solusi darurat,” tambahnya.

Langkah tersebut menjadi tindakan darurat mengingat ANBK wajib diikuti oleh semua sekolah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memetakan pendidikan di Kabupaten Sintang secara spesifik dan nasional secara umum.

“Dalam pelaksanaan ANBK ke depan, kami berharap pemerintah yang terkait dengan pengadaan tower mini dapat mengalokasikannya secara merata ke seluruh daerah di Kabupaten Sintang, termasuk daerah pedalaman,” harap Yustinus.

Seiring dengan tuntutan perkembangan zaman di bidang pendidikan dan teknologi informatika, ketersediaan jaringan internet menjadi sangat penting. Yustinus menekankan bahwa dengan dukungan internet, anak-anak di daerah pedalaman dapat tetap mengikuti perkembangan tanpa tertinggal dari anak-anak di kota.

“Namun, dengan kondisi saat ini di mana jaringan di tempat kita masih sangat kurang, membuat kita prihatin. Apalagi ada anak-anak yang harus membawa perangkat ke puncak bukit atau turun ke kecamatan untuk mencari sinyal, seperti di Serawai Ambalau, Ketungu, dan sekitarnya. Oleh karena itu, kita berharap jaringan telekomunikasi dan internet dapat merambah hingga ke pedalaman agar pelaksanaan ANBK di sekolah-sekolah tidak mengalami kesulitan,” tegasnya.

(Rilis Kominfo Sintang)