Bupati Melawi Buka Kegiatan P2KTD dan Program PID 2018

oleh

MELAWI – program Inovasi desa merupakan salah satu upaya kemendesa PDTT dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam membuka kegiatan sosialisasi penyediaan peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD) dan rapat koordinasi tim inovasi desa kabupaten program inovasi desa (PID) tahun 2018 di Melawi di salah satu hotel di Nanga Pinoh, Selasa (16/10).

Menurutnya penanggulangan kemiskinan melalui pemanfaatan dana desa secara berkualitas. Tentunya dengan strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokalkewirausahaan, pengembangan SDM, pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur desa.

“Melalui PID tersebut, kita berharap mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa. Agar kedepannya lebih efektip dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dadi mengatakan, ada sebanyak 434 desa di kabupaten/kota yang menjadi sasaran PID pada tahun 2018 ini. Melawi menjadi salah satunya yang menjadi sasaran program peenerima manfaat dari program tersebut.

“Oleh karenaitu, saya sangat berharap bahwa dengan dilaksanakannya PID tahun 2018 ini, dapat memberikan dampak positif dalam proses pembangunan di Melawi. Terutama dalam tata kelola dana desa yang lebih baik lagi,” paparnya.

Untuk itu, kata dadi, dirinya menghimbau kepada semua pelaku program PID, agar dapat melaksanakan dan atau mensukseskan PID tahun 2018 dengan baik dan penuh tanggungjawab. Sehingga bisa berdampak dengan sebenar-benarnya kepada keseeahteraan ekonomi masyarakat.

“Hari ini sampai esok, kita akan melaksanakan kegiatan sosialisasi P2KTD. Saya brharap agar kegiatan ini diikuti dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga PID tahun 2018 di Melawi terlaksanakan dengan baik dan sukses,” pesannya. (Ed/KN )