Dadi : Berbuat Yang Terbaik Bagi Bangsa Ini

oleh
oleh

MELAWI – Momen Peringatan Hari pahlawan 10 November 2018 sudah semestinya menjadi momentum menginstropeksi diri. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa saat menyampaikan amanat Menteri Sosial RI pada upacara peringatan hari pahlawan di Melawi, Senin (12/11). Ia mengatakan sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai NKRI yang sejahtera, adil dan makmur.

“Ini sebagai salah satu momentum serta mengingat bahwa telah terjadi tranformasi jiwa yang sangat besar bagi Bangsa Indonesia. Sehingga kedepannya melalui semangat perjuangan para pahlawan, kita sebagai generasi muda harus lebih bisa mentransformasi diri untuk membangun bangsa agar lebih maju dan semakin kuat,” katanya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Bangsa Indonesia membutuhkan pahlawan baru. Bangsa Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini.

Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk memajukan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga dapat bersaing dan bersanding dengan Negara lain di era ini.

“Melalui momentum peringatan ini, kami mengajak kepada seluruh elemen pemuda dan masyarakat untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa, mulai dari apa yang dapat kita lakukan, lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” katanya.

Usai upacara peringatan dilaksanakan, pemerintah Melawi bersama Forkopinda dipimpin lanusng Wakil Bupati melakukan ziarah ke makam pahlawan raden Temenggung Setia pahlawan di Desa tekelak kecamatan Pinoh Utara. Pada kesempatan itu, Dadi menyirami dan menaburkan bunga diatas makan pahlawan tersebut sembari berdoa.

Usai Ziarah, Ia berharapkepada seluruh masyarakat kabupaten Melawi dapat mengingat jasa-jasa pahlawan dan tidak melupakan sejarah.

“Karena tanpa jasa pahlawan, bangsa ini tidak akan maju dan berkembang seperti saat ini,” ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh anak muda di Melawi, momentum peringatan hari pahlawan ini, dapat dijadikan semangat untuk memajukan bangsa dan negara terlebih khusus untuk membangun kabupaten Melawi yang tercinta ini.

“Kemudian untuk kita semua. Saya berharap janganlah menjadikan perbedaan sebagai pemecah belah. Perbedaanitu adalah wujud serta bentuk pemersatu kita. Saya berharap jangan mudah terprovokasi dengan berita hoax dan isu sara. Jaga terus NKRI yang merupakan harga mati,” pungkasnya. (Ed/KN)