Desa Pelampai Jaya Libatkan Forum anak Dalam Mudes

oleh

MELAWI – Merasa ingin tau apa pendapat para generasi muda terhadap rencana pembangunan kedepan, membuat Pemerintah Desa Pelampai Jaya, Ella Hilir, Melawi, melibatkan Forum Anak Desa Pelampai Jaya dalam Musyawarah Desa (Musdes) yang dilaksanakan di aula kantor desa setempat, kemarin.

pendamping Forum Anak Desa Pelampai Jaya, Een Susiana mengatakan, pelibatan anak-anak merupakan inovasi dan terobosan baru dalam Musdes khususnya di wilayah Kecamatan Ella Hilir. Forum anak, menjadi salah satu Lembaga Kemasyarakat Desa (LKD) yang diakui keberadaannya di Desa Pelampai Jaya.

Kehadiran anak-anak dalam penentuan kebijakan di desa ini menjadi harapan baru dalam ikut serta membangun desa. Anak-anak diajak Musdes, musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbang Des) maupun kegiatan lainnya sudah memenuhi amanah undang-undang anak yang dilibatkan dalam proses pembangunan.

“Keterlibatan forum anak dalam Musdes ini sangat penting untuk memberikan pelajaran kepada anak dalam mengambil keputusan yang benar, menyampaikan hak dan kewajiban dalam kebutuhan anak serta menumbuh kembangkan bakat minat anak secara positif,” ungkapnya.

Lebih lanjut Een yang juga kader perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) Desa Pelampai Jaya itu menyebutkan, dalam Musdes ada tiga aspirasi anak yang disampaikan yaitu, penyediaan tong sampah disetiap RT, bantuan dana untuk perayaan hari anak nasional dan peresmian perpustakaan Desa Pelampai Jaya.

“Aspirasi anak tersebut merupakan unsur yang terdapat dalam kehidupan masyarakat serta penyelenggara Pemerintah Desa Pelampai Jaya. Dia berharap aspirasi anak tersebut diterima Pemerintah Desa Pelampai Jaya dalam penetapan anggaran APBDes 2019,” ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa forum anak sebagai media, wadah, perantara untuk memenuhi hak dan partisipasi anak sebagaimana ditegaskan pada pasal 10 UU RI Nomor 23 Tahun 2002.

Sementara itu, Anggota DPRD Melawi, Mulyadi, mengapresiasi terobosan Desa Pelampai Jaya patut dicontoh, karena melibatkan anak-anak juga sebagai penentu proses pembangunan skala desa, untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pemerintah Desa setempat.

“Saya bangga untuk Desa Pelampai Jaya, berproses membangun desa melibatkan masyarakat secara penuh dengan mengedepankan kebersamaan, kemandirian, dan pemberdayaan,” pungkasnya. (Ed/KN)