kapolsek Himbaukan Aktifkan Kembali Pos Kambling Terkait Kotak Amal Yang Sering Kemalingan

oleh

MELAWI – Maraknya pencurian sekarang ini tidak lagi memilah milih. Bahkan di kotak yang menjadi lading amal bagi umat muslim rumah Ibadah pun menjadi incaran para pelaku tindak criminal pencurian. Seperti yang terjadi di Surau Shabirin Dusun Kuala Belian Desa Paal Kecamatan Nanga Pinoh.

“Ia disini sudah sering terjadi pencurian kotak amal. Sebelumnya kotak amal yang sudah disimpan di dalam Surau diangkut maling. Kemuian yang terakhir terjadi pada 22 Oktober 2018 Dinihari. dimana kotak amal yang terpasang ditiang Surau, dibongkar. Ketahuannya ketika jamaah surau selesai melaksanakan shalat subuh, melihat genbok kotak sudah tercongkel,” kata Sekretaris Surau Shabirin, Dedi, saat ditemui, Senin (22/10).

Kejadian tersebut tentu membuat warga harus semakin berhati-hati dan waspada dalam menyimpan maupun memarkir kendaraan. Karena tidak menutup kemungkinan, ketika lengah dan ada peluang, pelaku pencurian tersebut melakukan aksinya.

“Kita sudah sampaikan ke Polsek Nanga Pinoh, dan pihaknya meminta kita untuk segera membuat pengaduan, untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Terkait tindak kriminalitas di wilayah Nanga Pinoh, Kapolsek Nanga Pinoh, M. Sembiring, sudah sering kali mengingatkan pemerintah desa untuk memperkuat pengawasan, dan keamanan wwilayah desanya masing-masing dengan membuat pos kamling.Namun himbauan tersebut terkesan diabaikan begitu saja oleh pemerintah desa.

“Kita secara terus menerus menghimbau kepada masyarakat, agar mengaktifkan kembali Pos Kamling di wilayahnya masing-masing. Kita juga sudah sampaikan ke para kepala desa, agar bisa mengadakan pos kamling tersebut. Karena keamanan desa ini sangat penting bagi masyarakat,” ujarnya.

Kapolsek juga menghimbau kepada masyarakat, untukterus waspada. Jangan memberikan peluang kepada pelaku pencurian. Misalnya memarkirkan motor tanpa kunci ganda, kemudian membiarkan pintu jendela atau pintu rumah terbuka saat beepergian.

“Jadi harus selalu di cek. Jika memarkirkan kendaraan, pastikan kendaraanya terparkir dengan kunci ganda. Kemudian jika bepergian, pastikan pintu jendela terkunci. Jangan sampai memberikan peluang bagi pelaku pencurian,” himbaunya. (Ed/KN)