Kesiapan dan Tantangan Tim Kecamatan: Berbagai Cerita dari Bupati Sintang Cup V Tahun 2023

oleh
oleh

SINTANG, KN – Tim Kecamatan Ketungau Tengah menyatakan kesiapan mereka untuk turut serta dalam turnamen sepakbola antar kecamatan yang dikenal sebagai Bupati Sintang Cup V Tahun 2023. Sekretaris Kecamatan Ketungau Tengah, Benyamin, menjelaskan bahwa persiapan telah dilakukan dengan serius, mencakup seleksi pemain, training center, dan pemesanan kostum tim beserta jaket.

“Tim kami sudah melakukan seleksi, lalu training center, dan pemesanan kostum tim plus jaket juga. Meskipun banyak caleg yang menawarkan sponsor dengan syarat nama mereka ada di baju tim, kami memutuskan menolak dulu karena belum berkoordinasi dengan panitia,” terang Benyamin dalam rapat persiapan di Balai Ruai pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Namun, seiring dengan kesiapan tim, muncul juga tantangan terkait pembiayaan. Kusmara Amijaya, Camat Kelam Permai, memberikan saran agar Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Porapar) menganggarkan dana khusus untuk keikutsertaan kecamatan dalam turnamen. Usulan ini bertujuan agar tim kecamatan tidak mengalami kesulitan dalam hal pembiayaan.

“Dana tersebut bisa dialokasikan melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sintang dan selanjutnya diserahkan kepada KONI di tingkat kecamatan. Hal ini dapat membantu tim kecamatan dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan untuk mengikuti even ini,” saran Kusmara Amijaya.

Sementara itu, Jhoni, Camat Binjai Hulu, mengungkapkan tantangan khusus yang dihadapi oleh kecamatan yang hanya memiliki sebelas desa, menjadikannya kecamatan dengan jumlah desa terendah di Kabupaten Sintang. Keterbatasan ini memengaruhi potensi pemain dan pembiayaan tim.

“Kecamatan Binjai Hulu memiliki keterbatasan dalam hal potensi pemain dan pembiayaan. Meskipun kami bisa berpartisipasi dalam Bupati Cup Tahun 2023, semangat kami untuk memenangkan pertandingan agak lemah. Kami tidak menetapkan target apa pun untuk turnamen ini, dan tim kami mungkin pulang setelah pertandingan,” ungkap Jhoni.

(Rilis Kominfo Sintang)