Ratusan Masyarakat Antusias Hadiri Safari Ramadhan KNRP dan Ulama Palestina

oleh

MELAWI – Safari Ramadhan yang diadakan oleh Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) beserta seluruh ormas islam di Kabupaten Melawi disambut atusias dari masyarakat. hal itu terlihat dari kedatangan ratusan umat muslim yang hadir dari berbagai pelosok desa memadati graha Sukiman Center di Jl Juang km 2 Nanga Pinoh, Melawi pada Selasa sore (29/6).

Dalam Safari Ramadhan tersebut, selain dihadiri ulama Palestina Syaikh Mahmoud Abdul Halim Askaoul, juga dihadiri calon gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji, Mantan Bupati Melawi H Firman Muntaco, wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya, Ketua DPRD Melawi Abang Tajudin, ketua MUI Melawi Kh Joko Supeno Mukti, tokoh agama, tokoh masyarakat.

Dalam Sambutannya, Syaikh Mahmoud menggunakan bahasa palestina diterjemahkan oleh Ustadz Kabieb Zein Al Idrus mengatakan, dirinya merasa terhormat karena bisa datang ke Indonesia termasuk di kabupaten Melawi. Dia berharap negara ini nantinya menjadi negara yang lebih baik.

“Saya berasal dari negara Palestina yang di dalamnya ada Baitul Maqdis, menyampaikan salam dari saudara-saudara saya yang ada di Palestina” ungkapnya.

Sebelumnya dia mengira perjuangan yang dilakukan hanya di negaranya saja. Ternyata setelah dirinya berkunjung ke Indonesia banyak saudara yang beragama muslim khususnya di Kalbar melalukukan perjuangan yang sama membela dan mempertahankan Masjidil Aqsa.

“Saya tidak bisa menjelaskan banyak bagaimana kondisi umat Islam di sana. Namun kondisi umat islam di sana dalam kondisi yang tidak baik, dan sangat memprihatinkan, karena diperangi oleh laknatullah Zionis Israel. Mereka siap bahkan teknologinya semakin canggih. 3000 lebih bom yang dilancarkan oleh Israel. Namun mujahid di sana tetap teguh menghadapinya,” ucapnya.

Kata dia, penindasan yang dilakukan di sana oleh Zionis Israel begitu dahsyat. Namun banyak pula keajaiban-keajaiban yang muncul, serta Alhamdulillah banyak bantuan dan pertolongan yang diberikan oleh Allah melalui berbagai umat muslim di seluruh penjuru.

Dalam Safari Ramdhan tersebut, KNRP membuka pelelangan gambar-gambar serta peta wilayah palestina yang tersisa, yang mana dana dari lelang terbuka tersebut sebagai upaya pengumpulan donasi bantuan bagi rakyat Palestina. Terlihat pada pelelangan tersebut, Abang Tajudin, selaku ketua DPRD Melawi menjadi orang pertama menawar gambar bingkai peta wilayah Palestina seharga Rp. 15 juta. Kemudian dilanjutkan oleh Wakil Bupati Melawi yang menawar bingkai Masjidil Aqsa seharga Rp. 10 juta, yang kemudian diikuti Anggota DPRD Melawi, Widya Rima dengan mendonasikan dibawah Rp. 10 juta, dan juga diikuti Ayah dari Wakil Bupati Melawi denga mendonasikan Rp. 10 juta.

“Ketua DPRD ini paman saya, dan saya tidak mau melangkahinya. Jadi kalau beliau mendonasikan Rp. 15 juta untuk saudara-saudara kita di Palestina, maka saya dibawahnya yakni Rp. 10 juta,” ungkap Wakil Bupati Melawi sembari menerima penyerahan bingkai Masjidil Aqsa dari Syaikh Mahmoud Abdul Halim Askaoul.

Safari Ramdhan yang dilaksanakan KNRP beserta seluruh ormas Islam di Melawi bersama Syaikh Mahmoud Abdul Halim Askaoul tersebut tidakhanya dilaksanakan di Graha Sukiman Center saja. Namun usai buka puasa bersama di Graha Sukiman Center, kegiatan dilanjutkan dan shalat maghrib berjamaah di Masjid Ibnu Taimiyah, Tabligh Akbar dilanjutkan di Masjid Nurul Iman sembari melaksanakan Shalat Isya dan tarawih berjamaah bersama ribuan umat muslim di Melawi.

Di Masjid Nurul Iman, Syaikh Mahmoud Abdul Halim Askaoul juga menyampaikan tausiyahnya. Dimana, tanpa disadari tidak sedikit jamaah yang meneteskan air mata haru bercampur dan sedih. Terlebih mendengar Syaikh menceritakan bahwa Rakyat Palestina tidak pernah luput dari suara bom serahan dari Laknatullah Zionis Israel.

“Kami mengharap bantuan do’a serta serta bantuan lainnya agar kami tetap kuat dalam mempertahankan Masjidil Aqsa dan beberapa wilayah di tempat kelahiran kami,” pintanya.
Usai tabligh Akbar di Masjid Nurul Iman, Syaikh Mahmoud Abdul Halim Askaoul juga mengisi tausiyah subuh di Masjid Ibnu Taimiyah yang mana sekaligus beerpamitan untuk berangkat kembali pulang ke tempat tinggalnya.

Pada kesempatan itu, Ia juga menyampaikan ucapkan terima kasih kepada aparat kepolisian Polres Melawi serta beberapa pihak terkait dan lebih khusus rakyat Kabupaten Melawi yang telah ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan tiada kurang satu apapun.(Ed/KN)