Melkianus Harap SIMANTEL Mampu Percepat Penemuan Potensi Konflik

oleh
oleh

SINTANG, KN – Wakil Bupati Sintang, Melkianus menghadiri Launching Aplikasi Sistem Manajemen Informasi Intelijen atau SIMANTEL di Halaman Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sintang, Rabu 11 Januari 2023.

Pada kesempatan tersebut, Melkianus memberikan apresiasi atas usaha dan kerja Badan Kesbangpol yang meluncurkan aplikasi SIMANTEL atau sistem manajemen informasi intelijen.

“Dengan adanya aplikasi SIMANTEL di harapkan ada percepatan penemuan potensi-potensi konflik dan pelaporan yang cepat, sehingga upaya pencegahan-pencegahan konflik dapat dilakukan se-dini mungkin,” kata Melkianus.

Maka, ia meminta semua OPD atau instansi bisa secara cepat memberikan data informasi kepada operator, terutama rencana-rencana aksi daerah masing-masing OPD atau kelembagaan tersampaikan tepat waktu.

“Tahun 2023 merupakan tahun persiapan politik memasuki pesta demokrasi tahun 2024, sehingga Badan Kesbangpol harus lebih memantapkan program-programnya bersinergi dengan KPU dan Bawaslu,” pintanya.

Ia menilai, beban tugas OPD akan semakin ringan apabila koordinasi dan komunikasi dibangun sebaik mungkin dengan semua steakholder.

“Saya mengajak kita semua untuk bersinergi menyukseskan pemilu dan pilkada tahun 2024 dengan memantapkan program tahun 2024 melalui tahun ini,” harap Melkianus.

Bukan tanpa alasan, sehingga potensi konflik politik baik oleh pelaku politik dan masyarakat dapat dicegah atau dikurangi, sehingga pemilu dan pilkada bisa sukses.

“Beberapa penekanan inilah yang dapat saya sampaikan, kepada Badan Kesbangpol saya ucapkan selamat atas beroperasi nya aplikasi SIMANTEL, mudah-mudahan tujuan mulia kita ini dapat bermanfaat bagi kemajuan di Kabupaten Sintang,” pungkasnya.

Sumber: Rilis Prokopim