Membangun Infrastruktur Berkualitas: Kolaborasi Warga dan Pemerintah di Kelurahan Ladang

oleh
oleh

SINTANG, KN – Ya Aiduliansyah, Kepala Kelurahan Ladang Kabupaten Sintang, menekankan urgensi infrastruktur yang berkualitas dalam lingkungan pemukiman masyarakat. Menurutnya, infrastruktur yang baik bukan sekadar kebutuhan, melainkan suatu keharusan yang harus dinikmati oleh seluruh masyarakat, terutama warga negara Indonesia.

Aiduliansyah menyadari kompleksitas pembangunan infrastruktur dan mengakui bahwa diperlukan anggaran yang besar. Untuk mengakses anggaran tersebut, koordinasi intensif dengan Dinas terkait menjadi suatu kebutuhan. “Kita perlu bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk mendapatkan dukungan dalam membangun infrastruktur yang memadai,” jelasnya melalui pesan WhatsApp pada 21 November 2023.

Terhadap permasalahan rusaknya jalan dan jembatan dari Rt 06 hingga Rt 10, Aiduliansyah berkomitmen untuk mengatasi masalah tersebut. “Kami akan menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) dengan kehadiran anggota DPRD Sintang. Pada kesempatan ini, kami akan menyampaikan permasalahan infrastruktur dan berdiskusi untuk mencari solusi yang terbaik. Jika tidak dapat dilakukan secara menyeluruh, kami akan memprioritaskan pengerjaan secara bertahap,” tambahnya.

Dalam semangat kolaborasi, Aiduliansyah mengajak partisipasi warga Kelurahan Ladang. Jika ada kegiatan proyek yang dilaksanakan pada tahun 2022, baik itu dari Pemerintah Daerah melalui Dinas atau hasil aspirasi anggota Dewan, ia meminta agar ada koordinasi dengan pihak kelurahan. “Kami ingin tetap terinformasi tentang proyek-proyek di wilayah kami, dan ingin memastikan pelaksanaannya dapat diawasi secara langsung,” ungkapnya.

Lurah Ladang menyoroti jembatan kayu di wilayah Rt 7 yang mengalami kerusakan, dan akan mengusulkannya pada musrenbang. Dia juga menegaskan bahwa tidak hanya jembatan, tetapi juga kondisi drainase di setiap gang kelurahan akan disampaikan secara langsung. Untuk memastikan kolaborasi yang efektif, ia mengundang ketua RT dan tokoh masyarakat untuk turut serta dalam proses koordinasi.

Aiduliansyah berharap agar pembangunan Kelurahan Ladang dapat terus meningkat. Dia menekankan bahwa untuk mencapai tujuan ini, partisipasi aktif dan koordinasi yang lebih erat dengan pihak kelurahan menjadi kunci utama. Ini dianggapnya sebagai langkah krusial dalam memastikan pembangunan, terutama di sektor infrastruktur, dapat berjalan optimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

(Rilis Kominfo Sintang)