Mengukir Sinergi Desa: Pelantikan Pengurus DPC APDESI Kabupaten Sintang Masa Bakti 2023-2028

oleh
oleh

SINTANG, KN – Pada tanggal 23 November 2023, Pengurus Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Sintang menggelar pelantikan untuk masa bakti 2023-2028. Acara ini secara resmi dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang, menciptakan momen penting untuk memajukan peran pemerintah desa dalam pembangunan.

Dalam sambutannya, Ketua DPC APDESI Kabupaten Sintang, Dede Hendranus, mengingatkan akan peran besar pemerintah desa dalam membangun wilayahnya. Hal ini sejalan dengan pernyataan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang menekankan pentingnya peran pemerintah desa dalam pembangunan, sesuai dengan regulasi yang ada.

“Pemerintah desa memiliki peran yang begitu besar untuk membangun desa, dan kepala desa serta jajarannya memiliki hak untuk mengelola wilayahnya sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Dede Hendranus.

Dalam rekomendasi hasil rapat kerja nasional APDESI, diinginkan agar APDESI dapat berperan aktif dalam membangun sinergi di antara kebijakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pemerintah desa. Terdapat pula harapan untuk perbaikan peraturan turunan undang-undang desa dan perhatian khusus terhadap penggunaan dana desa.

“Penggunaan dana desa harus didasarkan pada musyawarah desa dan musyawarah dusun. Selain itu, asuransi kepala desa dan perangkat desa, serta pengangkatan perangkat desa, harus melibatkan proses politik yang transparan,” tambah Dede Hendranus.

APDESI juga mengajukan permintaan agar pemerintah menjaga program pembangunan desa yang bersifat afirmatif dan memberikan pelatihan ideologi Pancasila kepada kepala desa. Tujuannya agar ideologi Pancasila dapat tertanam dengan kokoh dalam pemahaman dan penerapannya.

Dede Hendranus menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah dan semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan pelantikan pengurus APDESI Kabupaten Sintang periode 2023-2028. Selain itu, ia juga mengajukan permohonan fasilitas berupa bangunan gedung untuk kantor sekretariat APDESI Kabupaten Sintang.

*Pelantikan ini membawa harapan baru untuk memperkuat peran desa dalam pembangunan, dengan dukungan sinergis dari berbagai pihak.*

(Rilis Kominfo Sintang)