Meningkatkan Visibilitas OPD: Pelatihan Cara Efektif Membuat Berita Kegiatan

oleh
oleh

SINTANG, KN – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang terus berupaya memperluas visibilitas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik. Dalam pelatihan yang berlangsung, Kepala Bidang Komunikasi Publik, Syukur Shaleh, menyampaikan materi tentang cara mudah membuat berita kegiatan OPD.

Tujuan utama pelatihan ini adalah mendorong OPD di Pemerintah Kabupaten Sintang untuk secara aktif menyampaikan informasi tentang kegiatan dan program yang dilaksanakan kepada masyarakat melalui media massa dan media sosial. Shaleh menekankan bahwa pelatihan ini menjadi penting karena terdapat kekurangan dalam publikasi kegiatan dan program OPD.

“Kami menyadari keterbatasan Kominfo Sintang dalam meliput seluruh kegiatan OPD di lingkungan Pemkab Sintang. Oleh karena itu, pelatihan ini kami adakan sebagai langkah untuk mengatasi kurangnya publikasi kegiatan dan program di OPD. Banyak kegiatan yang seharusnya diketahui oleh masyarakat,” ungkap Syukur Shaleh.

Dalam penekanannya pada keberlanjutan pembelajaran, Shaleh memotivasi peserta untuk serius mendengarkan materi, mencoba menulis berita, dan berani berkonsultasi dengan tim Kominfo Sintang. Dia menjelaskan bahwa ilmu jurnalistik, sebagai bagian dari rumpun ilmu sosial, dapat dipelajari dan dipraktekkan dengan mudah.

“Bagi OPD di Pemkab Sintang, terbuka dan aktif menyampaikan informasi kepada masyarakat adalah hal yang penting. Publikasi kegiatan dan program melalui media massa dan media sosial memberikan keuntungan, seperti menunjukkan keterbukaan, menginformasikan aktivitas OPD, menonjolkan kecakapan ASN dalam teknologi informasi, dan menciptakan jejak digital positif di internet,” tambahnya.

Dengan harapan agar pelatihan ini dapat menghasilkan lebih banyak berita kegiatan dan program, Tim Kominfo Sintang siap memberikan dukungan kepada jurnalis-jurnalis baru di OPD Pemkab Sintang. Mereka bertekad untuk memastikan berita yang diproduksi sesuai dengan standar yang memadai untuk dimuat di media massa.

(Rilis Kominfo Sintang)