Menyambut Bulan Suci Ramdhan Warga Desa Tekelak Laksanakan Lomba Secerah

oleh

MELAWI – Seperti tahun sebelumnya, Desa Tekelak, Kecamatan Pinoh Utara laksanakan lomba Senyum Ceria Berkah (Secerah) yang ke II, Kamis (10/5),di Surau Baiturrahmah Dusun Muara Tekelak. Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa beserta rombongannya dan dihadiri, anggota DPRD Melawi, Widya Rima, Camat Pinoh Utara, Yussenno, Ketua KUA, Darwisno, Kepala Desa Tekelak, Tambi serta ratusan warga.

Ketua Panitia, Sahbandi mengatakan kegiatan dilaksanakan 10 sampai dengan 15. kegiatn dilaksanakan menggunakan dana sumbangan masyarakat dan para donatur dari dalam desa maupun dari luar. Kegiatan ini sudah dua kali dilaksanakan, sejak tahun 2017 dan tahun 2018. Melalui ajang perlombaan ini, kami ingin melihat bakat anak anak serta diharapkan bisa meningkatkan pemahaman anak anak khususnya pemahaman tentang agama.

Widya Rima selaku anggota DPRD Melawi yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan dengan dilaksanakannya acara tersebut, tentunya sudah melakukan siar Islam. Acara ini dapat di terapkan di surau-surau lainnya.

“Ini menjadi motivasi yang harus kita dukung dan dikembangkan. Karena dengan pendidikan agama, maka bisa menepis perbuatan perbuatan yang tidak baik. Ini memang harus didukung karena pendidikan agama harus dibangun dan diajarkan serta dikenalkan kepada anak-anak sejak usia dini,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan, sangat bangga dengan para anak muda yang telah menginisiasikan kegiatan tersebut, serta mengapresiasikan kegiatan, karena kegiataan lomba-lomba keagaam itu menjadi sebuah corong pendidikan bagi anak-anak sejak dini.

“Saya berharap dengan kegiatan seperti ini, bisa memunculkan bakat anak-anak, serta bisa meenciptakan generasi bangsa yang berahlakul qarimah. Kita berikan apresiasi kepada panitia yang sudah melaksanakan kegiatan ini. Marilah kita semua mendoakan mudah mudahan kegiatan ini bisa terus dilaksanakan, bahkan saya berharap desa lainnya bisa melaksanakan kegiatan serupa,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Dadi Sunarya Usfa secara pribadi memberikan bantuan dana untuk mendukung kegiatan tersebut sebesar Rp. 5 juta.

“Saya berharap, dana ini bisa bermanfaat. Jangan dilihat nilainya, ini bukti perhatian dan kepedulian saya,” ucapnya.

Sementara Tambi Mas Taufik selaku Kepala Desa tekelak mengatakan, kegiatan yang sudah dilaksanakan di desanya dua tahun tersebut, direncanakan akan menjadi kegiatan rutin menjelang menyambut bulan suci ramdhan.

“Tujuannya, untuk mendidik anak-anak khususnya dibidang keagamaan. Karena ajaran agama adalah pedoman hidup. Jika memahami poelajaran agama, maka tuntutan hidupnya akan baik. Ini juga sebagai sarana untuk menampung bakat anak-anak khususnya dalam belajar agama,” ujarnya.

Kegiatan yang dimulai dengan suguhan tarian Japin Melayu tersebut tampak menarik perhatian warga untuk mengunjungi lokasi kegiatan. Yang kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Fikri.

Kegiatan tersebut diisi dengan berbagai lomba keagamaan diantaranya untuk tingkat usia dini memperlombakan doa-doa harian seperti hafalan surat Al Fatihah, doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum dan sesudah tidur, serta doa untuk kedua orang tua.

Sementara untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), lomba Adzan dan Iqamah, hafalan 7 surat pendek Al Quran, seperti Al Asr, Al Fiil, Quraisy, Al Kautsar, Al Kafirun, An Nars, dan Al Lahab. Kemudian lomba Qiro’at murothal Al Quran surat Al Baqarah ayat 183-185. Sementara untuk tingkat SMP lomba Fahmil Quran berupa cerdas cermat, satu regu 3 orang. Qiro’at murothal Al Quran surat Fatir ayat 1-7. (Ed/KN)