MPP Bumi Senentang: Mal Pelayanan Publik Terbesar di Indonesia Resmi Dilaunching

oleh
oleh

SINTANG, KN – Setelah melalui beberapa kali penundaan, Pemerintah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, akhirnya secara resmi meluncurkan Mal Pelayanan Publik (MPP) Bumi Senentang. Soft launching MPP Bumi Senentang berlangsung pada Kamis, 16 November 2023, dengan kehadiran Bupati Sintang, Jarot Winarno, yang memimpin acara tersebut.

Terletak di samping kantor Bupati Sintang dan menempati gedung bekas RSUD Ade M Djoen, MPP Bumi Senentang menawarkan 17 gerai, termasuk penambahan 2 gerai sehingga total ada 19 konter. Dengan ukuran 3 x 3 meter untuk setiap gerai, mal ini menyediakan fasilitas pelayanan umum dengan luas total kurang lebih 40 x 20 meter.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Sintang, Erwin Simanjuntak, menyampaikan bahwa MPP Bumi Senentang mulai melayani masyarakat sejak soft launching tersebut. Seluruh fasilitas dan bangunan gerai telah disiapkan sesuai dengan peraturan teknis Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Soft launching ini merupakan tahap awal uji coba operasional, selanjutnya diresmikan pemerintah pusat pada 21 November. Semoga dengan adanya MPP ini, kecepatan, kenyamanan, dan keamanan pelayanan meningkat, memberikan kemudahan berusaha bagi masyarakat,” ujar Erwin Simanjuntak.

Alfian Salam, Asisten Administrasi dan Umum Setda Provinsi Kalbar, yang mewakili PJ Gubernur Kalbar, menegaskan bahwa MPP Bumi Senentang menjadi MPP keenam di Kalbar. Kebijakan pelayanan publik diarahkan untuk memenuhi hak dan kewajiban dasar warga dengan cepat, mudah, dan terjangkau.

“MPP Bumi Senentang diharapkan dapat meningkatkan layanan publik yang mudah dan mendukung pertumbuhan ekonomi,” tambah Alfian.

Bupati Sintang, Jarot Winarno, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan MPP Bumi Senentang. Menempati bekas rumah sakit dengan luas yang besar, mal ini diakui sebagai mal terbesar di Indonesia.

“Mal ini indah dan bagus, terima kasih. Mal ini juga menyediakan fasilitas untuk difabel. Ada kedai kopi di belakang. Semua urusan seperti KK, KTP, tanah, semuanya bisa dilayani di sini,” ujar Jarot Winarno.

Dengan adanya MPP Bumi Senentang, diharapkan pelayanan publik di Sintang semakin optimal, memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus berbagai keperluan administratif. Soft launching ini menjadi langkah awal dalam menguji operasional MPP sebelum diresmikan secara nasional.

(Rilis Kominfo Sintang)