MPP Bumi Senentang Resmi Dibuka: Mal Pelayanan Publik Terbesar di Kalimantan Barat Menyajikan Layanan Terpadu

oleh
oleh

SINTANG, KN – Kabupaten Sintang meraih tonggak sejarah baru pada Kamis, 16 November 2023, dengan peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Bumi Senentang. Transformasi eks RSUD Ade M Djoen menjadi MPP Bumi Senentang menandai terobosan luar biasa Pemerintah Daerah dalam menyajikan pelayanan publik terintegrasi kepada warganya.

Erwin Simanjutak, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sintang, mengungkapkan bahwa 18 loket layanan telah dipersiapkan untuk melayani beragam kebutuhan masyarakat. Dari DPMPTSP, Disdukcapil, PLN, PDAM, hingga BNN, MPP Bumi Senentang menjadi pusat pelayanan menyeluruh, menjadikan akses masyarakat terhadap layanan publik semakin mudah.

Dalam konsepnya, MPP ini tidak hanya memprioritaskan kenyamanan dan kecepatan layanan, tetapi juga bertujuan untuk merangkul efisiensi birokrasi. “MPP Bumi Senentang merupakan langkah strategis dalam mewujudkan reformasi birokrasi dan meningkatkan efisiensi masyarakat di Kabupaten Sintang,” tegas Erwin Simanjutak.

Menurut Simanjutak, keberadaan MPP ini sejalan dengan visi pemerintah untuk memberikan pelayanan yang terintegrasi, dengan penekanan pada kecepatan, kemudahan, dan keamanan. “MPP Bumi Senentang ini diciptakan untuk memfasilitasi masyarakat dalam mengakses berbagai layanan publik, serta sebagai langkah preventif dalam mencegah praktik pungutan liar,” tambahnya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno, menggarisbawahi signifikansi MPP Bumi Senentang sebagai Mal Pelayanan Publik terbesar dan termegah di Kalimantan Barat. Dalam keterangannya, Bupati Winarno menegaskan bahwa MPP ini dirancang untuk memberikan kemudahan akses dan meningkatkan kualitas layanan publik. “Semua yang dibutuhkan masyarakat, mulai dari pembayaran pajak hingga layanan air dan listrik, dapat ditemukan di Mal Pelayanan Publik ini,” ungkap Bupati Winarno.

Diharapkan, soft launching MPP Bumi Senentang menjadi pendorong utama dalam memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Sintang. Pemerintah pusat pun dijadwalkan akan meresmikan MPP ini di Jakarta pada 21 November 2023, menandai pengakuan atas keberhasilan inovatif Kabupaten Sintang dalam menyediakan layanan publik terbaik untuk warganya.

(Rilis Kominfo Sintang)