Pemkab Melawi Usulakan Perkada karena Tidak ada APBD Perubahan

oleh

MELAWI – APBD Perubahan Melawi tahun 2018 ini sudah dipastikan tidak ada. hal tersebut disampaikan Bupati Melawi, Panji beberapa hari lalu. Ia mengaatakan, ketiadaan APBD perubahan tersebut juga sudah disampaikan atau diumumkan pada saat rapat bersama DPRD Melawi yang difasilitasi Gubernur Kalbar beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, meskipun begitu, pemerintahan tetap bisa berjalan. Adan akan mengusulkan penggunakaan Peraturan Kepala Daerah (Perkada), untuk membuat produk hukum agar adanya anggaran perubahan yang kedudukannya saa dengan APBD perubaha yang meerupakan hasil pembahasan bersama dengan DPRD Melawi.

“Dengan demikian maka semuanya diatur dengan Perkada. Kita buat seperti APBD perubahan, kedudukannya saja yang yang berbeda. Kan kalau-kalau APBD Perubahan yang biasa itu mekanismenya lewat produk berupa Perda, artinya pengesahan bersama DPRD Melawi dan Pemda, maka kalau Perkada hanya menggunakan peraturan bupati saja,” katanya.

Nah kalo perkada ini DPRD tidak ikut. Tetapi prinsip kerjanya cara kerja, bentuk, dan hasilnya sama punya kedudukan hukum yang menjadi latar. Kedudukannya berbeda karena ditetapkan dengan keputusan Bupati.

Lebih lanjut Ia mengatakan, Perkada tersebut masih dalam tahap proses. Dimana kepala DPKAD sudah duakali mengusulkannya ke provinsi.

“Sudah dua kali diusulkan kepala DKPAD yakni pak Andri ke provinsi, mudah-mudahan segera sselesai,” ucapnya. (Ed/KN)