Revolusi Mental Melalui Kampung KB

oleh

MELAWI – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP2KB-P3A) Kabupaten Melawi, Drs Hj Marniati mengatakan, kampung Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu program revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa Indonesia. Menurutnya, dengan adanya Kampung KB, diharapkan manfaat program KB dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama di wilayah kategori miskin, padat penduduk, terpencil yang tersebar di Kabupaten Melawi.

Kampung KB diperlukan di seluruh desa yang ada di Melawi Sebab, keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik.

Ia mengungkapkan,Tahun 2018 seluruh Kecamatan yang ada Melawi telah resmi di canangkan menjadi desa Kampung KB. Sebanyak 12 Desa yang ada sudah di canangkan sebagai kampung Keluarga Berencana.

“Pembinaan Kampung KB kali ini adalah gerakan dari program-program KB yang mampu bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lainnya. Antara lain dengan sosialisasi, komunikasi, edukasi tentang program KB kepada masyarakat, serta pelayanan KB di tingkat bawah,” terangnya ditemui di kantornya, belum lama ini.

Dalam kampung KB ini telah disusun perencanaan pembangunan yang meliputi kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Untuk dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan tersebut, di kampung KB akan dilakukan optimalisasi semua perangkat dan institusi masyarakat yang ada. Selain pembangunan sarana dan prasarana, diberikan pelatihan yang lebih penting lagi adalah agar program pembinaan kampung KB dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan

“Dengan menggandeng seluruh komponan yang ada. Harapannya adalah jika di wilayah tersebut ada permasalahan yang dihadapi warga, maka akan mudah dibantu oleh dinas instansi terkait,” ucapnya.

Marniati menuturkan, dalam melakukan pembinaan membentuk kelompok Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) merupakan ujung tombak pengelola KB di lini lapangan. Bila dilihat dari Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) jabatannya, para Penyuluh KB adalah juru penerang pada keluarga dan masyarakat luas menuju perubahan.

“Penyuluh KB juga merupakan salah satu komponen penting dalam upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, juga sebagai indikator kemajuan yang telah dicapai oleh suatu daerah. Penyuluh KB bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam memberikan berbagai penyuluhan program KB,” pungkasnya. (Ed/KN)