Sanggar Tudong Saji Melawi Mengikuti FFSBM di Sekadau

oleh

MELAWI – Sanggar Tudong Saji Ella Hulu mewakili Kabupaten Melawi mengikuti Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) Tingkat Provinsi Kalbar tahun 2018, yang akan digelar bulan November mendatang di Kabupaten Sekadau.

Ketua Sanggar Tudong Saji, Slamet mengatakan, menjadi wakil Melawi pada iven FSBM di Sekadau, tidak terlepas dari keberhasilan Sanggar Tudong Saji yang menampilkan beberapa jenis tarian daerah Melayu disejumlah kegiatan mendapat respon dari masyarakat.

Slamet mengungkapkan, grup Sanggar Tudong Saji, sebagai penari yang berasal dari siswa siswi di Ella Hulu kecamatan Menukung pada FSBM di Sekadau akan menampilkan Tari Hadrah. Slamet berharap, anak-anak menampilkan yang terbaik di FSBM nanti dan dapat mengharumkan nama daerah Melawi.
Dia menjelaskan, Sanggar Tudong Saji sejak terbentuk pada tahun 2010 lalu, telah mengikuti berbagai lomba atau festival budaya Melayu di tingkat Provinsi Kalbar dan berhasil meraih juara 2 dan juara 3.

Menurutnya, akan mengikuti pelatihan mengasah kemampuan para penarinya sebagai persiapan menjelang digelarnya FSBM itu, sehingga mampu meraih yang terbaik.

“Kita berdoa semoga sanggar ini mampu meraih juara 1,” ucapnya.

Ia menuturkan, FSBM bertujuan, selain hiburan, juga sebagai upaya melestarikan kesenian khas Melayu. “Tari Melayu seperti tari Hadrah itu indah. Keserasian antara tarian dengan alunan musik sangat dituntut agar menarik untuk ditonton,” ujarnya.

Ia berharap, akan lebih banyak bermunculan sanggar-sanggar tari khususnya di Melawi, sehingga generasi muda Melayu dapat mempelajari kesenian daerahnya, dalam upaya melestarikan seni budaya, sehingga tidak hilang ditelan zaman. (Ed/KN)