Sintang Bangkitkan Semangat Hidup Sehat: GERMAS Jadi Pusat Perhatian Bappeda

oleh
oleh

SINTANG, KN – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sintang memegang peranan sentral dalam menggerakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Rapat Penguatan GERMAS yang diadakan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada tanggal 27 November 2023 menjadi forum penting yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus. Acara ini dihadiri oleh 14 pemerintah kecamatan dan dinas terkait GERMAS.

Camat Ambalau, Mikhael Wiwinardi, menegaskan kesiapan pemerintah Kecamatan Ambalau dalam mendukung gerakan ini. Ia menyampaikan harapannya agar promosi GERMAS dapat lebih gencar, terutama dalam sosialisasi ke sekolah-sekolah. Mikhael Wiwinardi berpendapat bahwa gerakan ini dapat lebih efektif jika dilibatkan dalam aktivitas sekolah, seperti senam pagi dan kegiatan lainnya.

“Sangat efektif jika gerakan ini juga diadopsi oleh sekolah-sekolah di Kabupaten Sintang. Anak-anak sekolah dapat berpartisipasi dalam kegiatan senam, memperhatikan kualitas dan keamanan jajanan di sekolah, serta berbagai kegiatan lainnya,” ujar Camat Ambalau.

Dengan langkah-langkah tersebut, camat berharap dapat terbentuk budaya hidup sehat yang mencakup kegiatan sehari-hari bagi setiap individu di lingkungan sekolah. Menurutnya, hal ini tidak hanya menciptakan kegiatan yang tercermin dalam lingkungan sekolah, tetapi juga menjadi kebiasaan harian setiap individu di dalamnya.

“Harapannya adalah terciptanya generasi yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kesejahteraan diri,” ungkap Camat.

Dalam penilaian camat Ambalau, GERMAS di lingkungan sekolah mengalami penurunan yang signifikan. Kegiatan olahraga seperti senam pagi mulai menghilang. Oleh karena itu, ia mendorong agar GERMAS juga disosialisasikan di lingkungan sekolah dengan harapan sekolah dapat berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pembentukan karakter siswa yang sehat secara fisik dan mental.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan GERMAS dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam mendorong gerakan hidup sehat dengan lebih efektif.

(Rilis Kominfo Sintang)