TMMD Memotivasi Banyak Masyarakat

oleh

MELAWI – Keberadaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018 Kodim 1205/Sintang di Kecamatan Pinoh Utara, tak hanya sekedar kegiatan formalitas dan seremonial belaka. Adanya kegiatan tersebut menjadi motivasi bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan gotong royong membangun desanya. Selain memberikan pengobatan gratis, bergotong royong membersihkan kampung, Satuan Tugas TMMD tersebut juga berpartisipasi membangun dua jembatan penghubung desa.

Pasiter Kodim 1205/Sintang, Kapten INF. W. Gurning, mengatakan, dua jembatan yang dibangun tersebut menghubungkan Desa Tanjung Paoh dengan Desa Tanjung Arak, Kecamatan Pinoh Utara, Melawi, sebagai sasaran fisik dilokasi TMMD ke-103 tahun 2018 Kodim 1205/Sintang. Jembatan tersebut dibangun agar tranportasi masyarakat di wilayah tersebut menjadi lancar dalam beraktifitas sehari-hari, termasuk mempermudah pengangkutan hasil bumi warga.

“Jembatan pertama yang sudah dikerjakan oleh tim Satgas TMMD Kodim 1205/Sintang hingga saat ini, progres pembangunannya sudah mencapai 70%, hanya tinggal memasang papan lantai dan pagar, serta pengecatan. Proses pembangunan jembatan ini akan terus dipacu, sehingga selesai tepat waktu sebelum penutupan TMMD. “Prajurit kita terus bekerja sampai mencapai target yang ditentukan,” ujar Gurning, ditemui disela-sela pembangunan jembatan itu, Kamis (1/11).

Pihak Satgas TMMD berupaya secepat mungkin dalam pembangunan jembatan ini. Dalam pembangunan tersebut, tak sedikitpun keeluhan terdengar, hanya rasa syukur dan senanglah yang membuat satgas TMMD tersebut terus berkiprah untuk masyarakat.

“Kami juga senang warga masyarakat ikut membantu kami disini. Dengan semangat dan kerja keras Satgas TMMD dan masyarakat di lapangan, diharapkan pembangunan jembatan konstruksi kayu ini dapat selesai tepat pada waktunya,” harap Gurning.

Lebih lanjut Gurning mengatakan, dengan adanya jembatan penghubung desa ini, nantinya masyarakat merasakan hasil serta manfaat pembangunan jembatan tersebut. Selain itu aktivitas masyarakat menjadi lancar yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Ruly, salah seorang warga Tanjung Paoh menyampaikan terima kasih kepada TNI yang telah menggelar TMMD di daerahnya dan membangun jembatan penghubung desa untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Menurutnya masyarakat dapat merasakan manfaatnya, karena jembatan tersebut akan menjadi akses jalan yang dapat digunakan untuk membantu warga membawa dan menjual hasil bumi ke kecamatan.

Dalam pelaksanaan pembangunan dua jembatan tersebut, Warga Desa Tanjung Paoh, Kecamatan Pinoh Utara antusias berbondong-bondong membantu Satgas TMMD. Bahkan terlihat para pelajar atau siswa berpakaian SMP ikut berpartisipasi. Mereka mengangkut bahan material kayu yang akan digunakan untuk bahan pembangunan jembatan.
Kopral Ryan, salah satu anggota tim Satgas TMMD ke-103 tahun 2018 Kodim 1205/Sintang mengatakan, bahan kayu tersebut diangkut anak-anak sekolah dari lokasi pemotongan kayu dibawa menuju sungai yang selanjutnya akan dinaikkan ke kapal motor untuk diantar ke lokasi pembangunan jembatan.

Antusias warga dan siswa membantu pihaknya bekerja bergotong royong membangun jembatan di kampung mereka bisa menyatu dengan masyarakat.

“Sangat bangga dan kagum dengan warga di desa ini mendukung program TNI AD. Kami berharap semoga ke depannya budaya gotong-royong seperti ini terus dipertahankan dan dilestarikan,” harap Ryan. (Ed/KN)