Bupati dan Kadisdikbud Dapat Penghargaan

oleh

 

MELAWI – Sebagai bentuk apresiasi atas upaya Pemerintah Kabupaten Melawi dalam membangun dunia pendidikan. Bupati Melawi, Panji bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Melawi, Joko Wahyono menjadi salah satu penerima PGRI Award yang diserahkan dalam Peringati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI tingkat Provinsi Kalbar yang digelar di Ketapang, Senin 19 November beberapa hari lalu.

Kepala Disdikbud Melawi, Joko Wahyono di hubungi Selasa (20/11) mengatakan PGRI Award memang diberikan oleh Pengurus Besar PGRI dalam peringatan HUT PGRI serta hari Guru Nasional. Dan penghargaan tersebut hanya diberikan kepada Pemerintah kabupaten/kota atau kepala dinas maupun pengurus PGRI serta perseorangan yang selalu konsistensi dan berkomitmen tinggi untuk memajukan dunia pendidikan serta SDM pendidikan.

“Seperti yang dilakukan oleh Pemkab Melawi dalam beberapa tahun terakhir, banyak upaya yang sudah dilakukan untuk meningkatkan pembangunan, baik sarana infrastruktur pendidikan, maupun peningkatan kapasitas SDM seperti para guru,” ujarnya.

Joko memaparkan, kemajuan pendidikan di Melawi dapat dilihat dari bertambahnya jumlah lembaga pendidikan. Diantaranya jumlah PAUD yang selama tiga tahun ini sudah meningkat dari 48 unit pada 2015 menjadi 102 lembaga pada 2017. Kemudian TK Negeri dari satu sekolah menjadi tiga sekolah dan ditargetkan bertambah satu lagi pada 2019.

“Untuk SD dan SMP memang tidak bertambah karena jumlah yang ada dianggap sudah mencukupi. Namun, ada penurunan angka putus sekolah dari 0,5 persen menjadi 0,2 persen,” katanya.

Dari sisi SDM, lanjut Joko, ada peningkatan jumlah guru bersertifikasi dari 466 orang menjadi 700 lebih guru yang sudah memiliki sertifikasi pendidik. Guru berkualifikasi sarjana S1 juga meningkat dari 1.263 menjadi 1.987 orang saat ini.

“Penerima tunjangan khusus dari 64 guru menjadi 868 guru dan sekarang kita usulkan menjadi 1026 guru untuk tahun mendatang,” jelasnya.

Ditambahkan Joko, jumlah guru yang mengikuti pelatihan kurikulum 2013 juga meningkatkan, dimana pada 2015 baru 483 guru yang sudah dilatih. Namun tahun ini secara total ada 2074 orang guru yang dilatih.
“Pemkab juga telah membangun kantor PGRI pada 2015 lalu,” katanya. Sementara itu, Bupati Melawi Panji menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi yang besar bagi para guru yang sudah mengabdikan diri serta mendedikasikan hidupnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan para generasi muda baik di Melawi maupun dimanakah berada.

“Guru sudah ikut membuka wawasan dan juga menjadi teladan bagi banyak pihak. Penghargaan ini juga merupakan apresiasi atas usaha guru dan pemerintah daerah memajukan pendidikan di Melawi,” pungkasnya. (Ed/KN)