Canangkan Sepulut jadi Desa Bersinar

oleh

SINTANG, KN – Guna memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, zat adiktif, dan obat terlarang (narkoba), Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sintang menggelar pencanangan perdana Desa Bersih Narkoba (Bersinar).

Pencanangan ini dilaksanakan di Desa Sepulut, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Sabtu (26/6/2021).

Pencanangan Desa Bersinar ini ditandai dengan pengalungan syal kepada Duta Anti Narkoba Desa Sepulut 2021. Serta penyematan pin kepada para relawan dan penggiat anti narkoba oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang.

Kepala BNNK Sintang Agus Akhmadin dalam peluncuran Desa Bersinar mengatakan bahwa agenda ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya di Sintang. Sedangkan di beberapa daerah telah dimulai sejak 2019 lalu.

“Program Desa Bersinar ini sebenarnya sudah ditentukan sejak 2 tahun yang lalu. Namun ada beberapa kendala. Maka di tahun 2021 inilah baru bisa terlaksana untuk launching Desa Bersinar ini,” terangnya.

Agus pun menjelaskan bahwa Desa Bersinar ini adalah desa yang melaksanakan program-program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) secara mandiri.

“Yang melakukan kegiatan pencegahan, pemberantasan, dan rehabilitasi terhadap narkoba,” katanya.

Selain peluncuran Desa Bersinar, untuk mensukseskan program ini juga dibentuk relawan dan penggiat anti narkoba sampai ke tingkat desa. Dua hal tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021 yang diperingati setiap 26 Juni.

“Untuk pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional tahun 2021, kami sudah melakukan sosialisasi P4GN yang dilaksanakan di Simpang Tugu Adipura Sintang. Kemudian melakukan pemasangan poster, stiker, pemasangan baliho di beberapa lokasi di Sintang. Serta telah melakukan tes urin terhadap karyawan dan di tempat-tempat hiburan malam,” pungkasnya. (*)