Cara Unik Polsek Tebelian Edukasi Warga untuk Disiplin Prokes

oleh

SINTANG, KN – Guna memberikan edukasi pada masyarakat terkait antisipasi penularan Covid-19, personil Kepolisian Sektor (Polsek) Sungai Tebelian membagikan leaflet berisi gejala Covid-19 dan cara pencegahannya. Masyarakat di sekitar Simpang Pinoh pun menjadi sasaran edukasi, Rabu (19/5/2021).

Kapolsek Sungai Tebelian Ipda J. Effendhy Kusuma mengatakan, agenda tersebut sebagai salah satu cara yang dilakukan oleh Polsek Sungai Tebelian dalam mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Sintang, khususnya di Kecamatan Sungai Tebelian.

Pembagian leaflet tersebut ditujukan pada masyarakat pengguna jalan, pengunjung warung kopi, dan orang yang sedang berbelanja di minimarket di wilayah hukum Polsek Sungai Tebelian.

Kapolsek berharap, pembagian leaflet ini dapat menambah pengetahuan masyarakat terkait dengan virus Covid-19 dan bagaimana cara mengantisipasi, ataupun bagaimana penanganan medisnya bila ada indikasi tertular.

“Biar masyarakat tahu kalau mengalami gejala covid-19. Seperti batuk atau demam,” ucapnya.

Selain itu, Kapolsek meminta kepada masyarakat agar pergi ke pusat pelayanan kesehatan terdekay, apabila mengalami gejala-gejala Covid-19, sehingga dapat diambil tindakan medis secepatnya.

“Ya, kalau ada mengalami gejala covid-19, sebaiknya langsung ke pusat pelayanan leaehatan terdekat, sehingga dapat diambil tindakan medis untuk penanganan awal,” katanya.

Untuk memaksimalkan peran Polri dalam membantu meminimalisir penularan Covid-19 di tengah masyarakat, Kapolsek juga mengatakan akan menjalankan arahan Kapolri untuk memanfaatkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan 3T (testing, tracing, dan treatment) di desa-desa yang menjadi binaannya.

“Bhabinkamtibmas bersama Satgas Covid-19 tingkat desa akan melakukan upaya penanganan Covid-19 di desa-desa,” ucapnya.

Kapolsek juga mengimbau masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan 5M. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Hal ini dilakukan untuk mengurangi atau menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah hukum kita,” pungkas Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Sungai Tebelian ini. (*)