Disdikbud Melawi Gelar Festival Budaya Lintas Etnis

oleh

MELAWI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Melawi, melalui Bidang Kebudayaan menggelar Festival Budaya Lintas Etnis (FBLE) Melawi tahun 2018. Festival Budaya Lintas Etnis Melawi ini dibuka Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disdikbud Melawi, Hairunisa Rusli mewakili Kepala Disdikbud Melawi, H. Joko Wahyono, Sabtu (17/11) siang dihalaman Disdikbud Melawi.

Hairunisa mengatakan, Disdikbud Melawi terus berkomitmen penuh untuk mengembangkan dan melestarikan kesenian dan kebudayaan supaya dapat menjadi warisan bagi para generasi muda. Selain itu festival budaya lintas etnis ini juga dimaksudkan untuk membangkitkan dan mempertahankan nilai-nilai budaya yang ada di Kabupaten Melawi.

“Semoga festival ini akan membuat para generasi muda lebih mencintai kebudayaan sendiri daripada kebudayaan asing. Kami berharap dengan adanya festival, nantinya juga dapat berdampak pada sektor-sektor lainnya seperti pariwisata, serta dapat meningkatkan kecintaan pada seni dan budaya daerah,” ungkap istri Ketua DPRD Melawi itu.

Menurut Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Melawi, Jubir Saidy, mengatakan bahwa banyak harapan untuk anak muda dan masyarakat dalam mendukung dan melestarikan tari-tarian lokal daerah.

“Warisan budaya masing-masing etnis, seperti tarian memang harus dilestarikan. Kalau tidak dilestarikan maka akan hilang atau punah. Kegiatan ini diharapkan sebagai penggerak bagi generasi muda untuk mencintai budaya dan seni tradisional daerah,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Laurensius Muin, melaporkan peserta yang mengikuti kegiatan festival adalah sanggar-sanggar yang ada di Kabupaten Melawi dan yang sudah terdaftar pada Disdikbud Melawi.

“Tujuan dilaksanakan festival budaya ini adalah salah satu langkah untuk mendukung dan memajukan serta melestarikan kesenian dan kebudayaan ‎daerah, karena pengembangan dan pelestarian budaya dan seni daerah termasuk salah satu fokus utama Disdikbud Melawi,” pungkasnya. (Ed/KN)