Donor Darah dan Ingatkan Masyarakat Sintang untuk Disiplin Prokes 5M

oleh

SINTANG, KN – Polres Sintang menggelar bakti kesehatan donor darah dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75 yang akan diperingati pada 1 Juli mendatang. Kegiatan berlangsung di Aula BKPM Polres Sintang, Senin (28/6/2021).

Dalam kegiatan donor darah ini, Polres Sintang menggandeng tenaga kesehatan baik dari Dinas Kesehatan maupun Puskesmas serta Urkes Polres Sintang.

Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak didampingi Wakapolres Sintang Kompol Rizal Satria Ferdianto turun meninjau jalannya kegiatan donor darah tersebut. Adapun donor darah tersebut diikuti oleh masyarakat serta para personil Polres Sintang.

Sebelum mendonorkan darahnya, para peserta wajib menjalani pemeriksaan kondisi kesehatan oleh tim medis. Donor darah hanya bisa dilakukan peserta yang memenuhi syarat kesehatan. Seluruh rangkaian kegiatan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

Kapolres Sintang, AKBP Ventie Bernard Musak mengatakan bahwa donor darah ini merupakan wujud nyata kepedulian Polres Sintang terhadap masyarakat yang membutuhkan pasokan darah terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti ini.

“Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu tradisi yang biasanya dilakukan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara, dimana sekaligus digelar untuk membantu ketersediaan stok darah PMI. Terutama bagi masyarakat yang juga membutuhkan,” katanya.

Karena itu, Kapolres berharap donor darah yang dilakukan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat. Sekaligus membantu dalam memenuhi stok ketersediaan pasokan darah.

Di tempat yang sama, Wakapolres Sintang, Kompol Rizal Satria Ferdianto kembali mengingatkan agar masyarakat Kabupaten Sintang tetap disiplin dengan menerapkan protokol kesehatan, karena wabah virus Corona atau Covid-19 masih belum berakhir.

“Ingat protokol kesehatan 5M. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Dan semoga wabah ini segara berakhir, sehingga kita dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya,” pungkasnya. (*)