FGD, Polres Sintang Siap Amankan Pilkades Serentak 2021

oleh
oleh

SINTANG, KN – Tahapan kampanye dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Sintang sudah dimulai. Usai itu, Pilkades akan memasuki masa tenang dan dilanjutkan dengan pemungutan suara. Tentu serangkaian tahapan itu perlu pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya konflik di tengah masyarakat dan antisipasi penularan Covid-19.

Olehkarenanya, Polres Sintang pun mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan di Pendopo Bupati Sintang, Rabu (30/6/2021).

FGD tersebut membahas pengamanan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Sintang di tengah pandemi Covid-19.

Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak mengatakan, bahwa kegiatan FGD ini ditujukan untuk menjaring saran dan masukan terkait dengan kesiapan dalam pelaksanaan Pilkades.

“Saya berharap dari masing-masing penyelenggara untuk selalu mensterilkan tempat pemungutan suara sesuai dengan protokol kesehatan agar mengurangi penularan dari wabah penyakit sedang melanda pada saat ini,” ujarnya.

Bupati Sintang menyampaikan agar jangan sampai Pilkades kali ini membawa klaster baru penyebaran Covid-19. Karena ada banyak desa yang akan menyelenggarakan Pilkades, berpotensi pula terjadi penularan virus penyebab pandemi global itu.

“Banyak orang memprediksi tingkat kerawanan Pilkades Serentak pada Rabu, 7 Juli 2021 ini lebih rawan dibandingkan dengan Pilkada. Karena calon yang terlibat ada 1.023 calon,” katanya.

Karena itu, Bupati Jarot pun berharap agar tim sukses para calon kepala desa dapat mengimbau seluruh masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan baik pada saat pemungutan suara nanti.

“Mudah-mudahan Pilkades kali ini dapat diselenggarakan dengan baik dan aman,” harapnya.

Ia pun meminta panitia dari tingkat kecamatan dapat mensosialisasikan tentang pelaksanaan Pilkades ini kepada seluruh masyarakat. Baik tentang peraturan yang diterapkan dalam Pilkades maupun disiplin protokol kesehatan pada setiap TPS.

Turut hadir dalam FGD tersebut Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak beserta Pejabat Utama (PJU) Polres Sintang, Wakil Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward, anggota Forkopimda, Kapolsek, Koramil, Camat se-Kabupaten Sintang, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang. (*)