Forkopinda Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak di Sintang

oleh

SINTANG, KN – Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak, S.I.K, S.H, M.I.K memonitoring pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah TPS seputaran Kota Sintang dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Sintang, Rabu (7/7/2021) Pagi.

Pada pengecekan tersebut Kapolres Sintang turut didampingi langsung oleh Wakil Bupati Sintang Yosep Sudiyanto, S.H, Dandim 1205/Stg Letkol Inf. Bintara Saktiawan, Ketua Pengadilan, Kejari Sintang diwakili, Kadis Pemdes dan Pejabat Utama Polres Sintang.

Beberapa TPS yang dikunjungi oleh rombongan Kapolres Sintang diantaranya TPS 10 Baning Kota, TPS 04 Sungai Ana, TPS 05 Dusun Makmur Desa Mertiguna dan beberapa lokasi lagi di seputaran Kota.

Pada kesempatan yang sama, Wakapolres Sintang Kompol Rizal Satria Ferdianto, S.I.K juga memimpin regu Polres Sintang dalam pengecekan TPS yang mana menyasari di lokasi-lokasi Kecamatan terdekat.

Adapun pada saat dilakukan pengecekan dirinya menyempatkan diri untuk berdialog bersama KPPS untuk mengetahui situasi jalannya kegiatan pemungutan terutama dari segi penerapan Protokol Kesehatan.

Tak hanya itu, petugas dari TNI-Polri yang melaksanakan tugas pengamanan juga kerap ditanyai oleh Kapolres Sintang terkait perkembangan situasi terkini secara mendetail guna melihat apakah terdapat potensi kerawanan ataupun gangguan kamtibmas di wilayah sekitar.

“Kita sudah lakukan pengecekan tadi bersama rombongan Forkopimda untuk melihat jalannya kegiatan pemungutan suara di TPS, dari segi penerapan Protokol Kesehatan bisa dikatakan tidak ada kendala, kita berharap semoga dari kegiatan dimulai hingga selesai berjalan aman dan lancar” Tukasnya.

“Hingga siang hari ini, laporan yang kita terima dari anggota di Kecamatan juga terbilang aman terkendali, tapi ini akan terus kita pantau jadi jika didapati adanya gangguan kamtibmas bisa langsung kita lakukan langkah antisipasi dan untuk personil di Polres Sintang dengan dibantu oleh TNI maupun Brimob juga beberapa jam sekali kita terjunkan untuk melakukan Patroli Cipta Kondisi” Tambah AKBP Ventie.

Di lain sisi pihaknya juga telah menyiapkan upaya antisipasi jika ditemukan masa pendukung calon Kades yang tidak terima jika pilihannya kalah.

“Pada setiap kegiatan pemungutan seperti ini tentunya tidak bisa kita pungkiri mungkin ada masa pendukung calon Kades yang tidak terima pilihannya kalah sehingga sedikitnya membuat kegaduhan, yang mana langkah untuk mengantisipasi ini sudah kita siapkan dari jauh-jauh hari tapi alangkah baiknya jika apa yang kita khawatirkan ini tidak terjadi” Harapnya.

Diakhir Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak, S.I.K, S.H, M.I.K mengatakan bahwa pihaknya dengan dibantu oleh TNI, Polres Melawi, Sekadau dan Sat Brimob akan berusaha semaksimal mungkin dalam pengamanan jalannya Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin dalam upaya pengamanan karena untuk Pilkades ini bisa dikatakan sukses jika kegiatan berjalan aman dan lancar serta tidak ada masyarakat ataupun pengurus yang terpapar Covid-19 sehingga kita akan berusaha mencapai target tersebut” Tutupnya. (*)