Jamin Stok Sembako Aman

oleh

SINTANG, KN – Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Sintang memastikan stok dan harga sembako di Kabupaten Sintang tetap stabil dan aman.

“Jelang ramadan ini, kami pastikan stok dan harga tetap stabil dan aman. Jadi, masyarakat Kabupaten Sintang tidak perlu khwatirataubwas-was dengan stok sembako di wilayah kita lagi,” ujar Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Sintang, Sudirman, Sabtu (10/4/2021).

Sudirman menilai, para pedagang tentunya sudah mengetahui bahwa bahan pokok sendiri sudah disediakan dengan baik dan juga menjaga stok agar tidak mengalami kelangkaan barang.

“Saya rasa, pedagang-pedagang sudah tahu bahwa sembako ini harus tersedia dalam menyambut bulan suci ramadan ini,” katanya.

Sudirman mengungkapkan, Kabupaten Sintang memiliki berbagai pemasok yang dapat menjaga ketersediaan barang, baik itu dari daerah Kota Singkawang maupun Kota Pontianak.

Selain itu kata Sudirman, masyarakat Kabupaten Sintang saat ini sedang melakukan panen padi sebagai sumber daya untuk kebutuhan pokok setiap masyarakat.

“Artinya, kita juga tidak perlu khwatir dengan ketersedian beras, karena petani kita masuk masa panen,” ujarnya.

Tak hanya itu, Sudirman juga mengingatkan kepada pedagang di sejumlah pasar tradisional agar menerapkan protokol kesehatan. Sebab pada H-1 Ramadan dipastikan terjadinya lonjakan masyarakat pergi ke pasar.

“Jadi, kami minta pedagang dan masyarakat juga memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan aktivitas di pasar. Hal ini dilakukan agar tidak timbul klaster penyebaran covid-19,” ucapnya.

“Intinya ikuti dan disiplin dengan anjuran pemerintah yakni 5M. Menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Langkah inipun diyakini dapat memutus rantai penyebaran virus yang mengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat kita semua. ” pungkas Sudirman. (*)