Masyarakat Harapkan Proses Hukum Sukiman Bisa Segera Selesai

oleh

MELAWI, KN – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan anggota DPR RI Fraksi PAN, Sukiman sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan dana perimbangan Kabupaten Pegunungan Arfak, Kamis (1/8/2019) di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Membaca berita penahanan tersebut, seorang tokoh masyarakat di Nanga Pinoh, H. Ali Akbar berharap proses penegakan hukum tersebut bisa segera selesai, serta mendoakan agar Sukiman yang merupakan Putra Daerah Kabupaten Melawi bisa tabah menghadapi proses yang dijalaninya.

“Terlepas dari proses hukum yang dijalaninya, Sukiman tetaplah tokoh politik yang merupakan putra daerah Melawi, yang tentunya sudah banyak berkontribusi bagi kemajuan daerah Melawi ini. kita berharap proses hukum H. Sukiman bisa segera selesai, dan beliau tabah menghadapinya. Kami sebagai masyarakat Melawi menyerahkan sepenuhnya ke penegak hukum,” paparnya.

Sukiman merupakan tokoh politikus asal Melawi, putra asal Desa Nanga Pak Kecamatan Sayan. Sebagaimana data yang diperoleh dari website https://wikidpr.org, Sukiman mengawali karir politiknya sejak di bangku kuliah di 1992 dengan aktif berorganisasi di beberapa organisasi sayap muda Partai Golongan Karya yaitu Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Barat sebagai Ketua Biro dan di Gerakan Mahasiswa (GEMA) Kosgoro Pontianak sebagai Ketua (1992-1995).

Sukiman merintis karir politiknya dengan PAN sejak 1999 mulai tingkat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Sintang sampai dengan Sukiman menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Kalimantan Barat.

Dimana pada tahun itu Ia terpilih menjadi Anggota DPRD Sintang. Kemudian pada periode 2004-2009, Ia berhasil terpilih dan dipercaya menjadi Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat.

Karier politik Sukiman tak terhenti hanya disitu, pada periode 2009-2014, Sukiman menjadi Anggota DPR RI dan bertugas di Komisi II dan Komisi IV DPR-RI.

Ketika bertugas di Komisi II yang membidangi pemerintahan dalam negeri & otonomi daerah, Sukiman dikenal sebagai penggagas pemekaran propinsi dan pembentukan propinsi Kapuas Raya (PKR).

Sukiman terpilih kembali menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Dapil Kalimantan Barat. Sukiman adalah petinggi dari PAN dan menjabat sebagai Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN sejak 2010. (ED/KN)