Minta Gunakan Medsos Dengan Bijak

oleh
oleh

SINTANG, KN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sintang mengajak masyarakat Kabupaten Sintang untuk menggunakan media sosial dengan bijaksana dan untuk hal yang produktif dan efektif.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang, Syukur Saleh saat menjadi narasumber dialog interaktif “Sintang Bisa” di Pro 1 RRI Sintang pada Selasa, 10 Januari 2023 yang lalu.

Dialog yang mengambil tema membangun komunikasi efektif di media sosial tersebut dipandu oleh presenter RRI Sintang Widya Hidayanti dan berlangsung satu jam mulai jam 10.00 sampai jam 11.00 WIB.

Syukur Saleh Kepala Bidang Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa komunikasi merupakan proses penyampaian pesan kepada audiens melalui saluran tertentu.

“Perlu kita ketahui bahwa komunikasi memiliki 4 unsur yakni komunikator, komunikan atau audiens, kemudian pesan dan saluran,” ucap Syukur Saleh.

Menurut Saleh, komunikasi dikatakan efektif jika pembacanya paham dengan pesan yang disampaikan.

“Hanya jika saluranya adalah media sosial, sulit untuk mengukur tingkat efektivitas penyampaian pesan itu,” terang Syukur Saleh.

Ia mengatakan jika pengguna media sosial ingin menyampaikan pesan, maka kita harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembacanya.

“Netizen hendaknya membiasakan diri untuk membaca tuntas postingan yang kita minati. Kemudian yang memposting juga hendaknya menyampaikan informasinya lebih lengkap sehingga pembaca tidak perlu lagi bertanya-tanya mengenai isi dari tulisan yang dibacanya,” pungkas Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang, Syukur Saleh.

Sumber: Rilis Prokopim