Minta Hujan Turun MUI Melawi Ajak Pemerintah dan Masyarakat Laksanakan Sholat Istisqo

oleh

MELAWI, KN – Kemarau panjang saat ini serta musibah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), membuat masyarakat sangat mengharapkan turunnya hujan.

Berkenaan dengan harapan masyarakat tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Melawi melalui surat edaran ya mengajak pemerintah dan masyarakat Melawi untuk hadir dan mengikuti pelaksanaan Sholat Istisqo’ meminta hujan kepada Allah Subhanallahu Wa Ta’ala (SWT).

Ketua MUI Melawi, KH Joko Supeno Mukti Al Hafizh mengatakan, didalam surat edaran tersebut pihak MUI menyampaikan selanjutnya, sehubungan dengan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan sana kaedngen akibat kelangkaan hujan diberbagai daerah di Indonesia khususnya di Kabupaten Melawi serta untuk memohon pengampunan dan mendekatkan diri Kepada Allah SWT.

Dengan Ini Dewan Pimpinan Daerah ( DPD ) Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kabupaten Melawi menghimbau kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Melawi agar menyelanggarakan sholat Istisqo’.

“Jadi intinya surat edaran itu untuk menghimbau. Kita belum menjadwalkan kapan akan dilaksanakan. Bahkan kita MUI juga belum ada menjadwalkan. Jika pemerintah tidak bisa melaksanakan, maka kita dari MUI akan berkoordinasi dengan organisasi lainnya untuk melaksanakan sholat Istisqo tersebut,” paparnya.

Joko mengharapkan pemerintah dan seluruh masyarakat setuju serta bisa bersama-sama melaksanakan. Sholat Istisqo tersebut adalah meminta kepada Allah SWT agar menurunkan hujan dengan cara tertentu ketika dibutuhkan hamba-Nya.

“Apalagi pada masa sekarang ini masa kekeringan musim kemarau telah melanda Indonesia tercinta. Yang mana dalam hal ini berdampak mengakibatkan pasokan air di berbagai wilayah di Indonesia kian menipis. Bahkan kabut asap yang melanda Indonesia khususnya wilayah Kalimantan saat ini,”pungkasnya. (ED/KN)