Paskibraka Kabupaten Sintang Dikukuhkan

oleh
oleh

SINTANG, KN – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika mengukuhkan 31 orang Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Pendopo Bupati Sintang, Jumat malam, 13 Agustus 2021.

31 orang anggota Paskibraka tersebut merupakan para pelajar terpilih yang sudah melalui tahap seleksi dari berbagai Sekolah Menengah Atas/sederajat yang ada di Kab. Sintang, terdiri dari 11 perempuan dan 20 laki-laki.

Mereka ini nantinya akan bertugas pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun 2021 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, baik itu pengibaran maupun penurunan bendera yang akan di laksanakan pada 17 Agustus 2021 di Halaman Kantor Bupati Sintang.

“Atas nama pemerintah kabupaten sintang, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi setingi-tingginya atas kerja kerasnya, dedikasi dan partisipasi adik-adik semua. mewakili masyarakat kabupaten sintang juga, kami merasa bangga dengan adik-adik sekalian,” ucap Hendrika.

Menurut Hendrika, para anggota paskibraka ini adalah putra dan putri terbaik di Kabupaten Sintang yang memiliki keistimewaan bukan hanya sebagai pasukan pengibaran dan penurun bendera pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 tanggal 17 agustus 2021 nanti, akan tetapi harus mampu menunjukan keteladan sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin dan bermoral.

“Harapan kami, anggota paskibra dapat menjadi teladan dalam menjalankan tugasnya dan dapat menjadi teladan bagi masyarakat dalam disiplin penerapan protokol kesehatan dalam kebudayaan baru mengingat pandemi Covid-19 yang belum berakhir,” pesan Hendrika.

“Kami juga berharap kepada adik-adik untuk dapat menjadi ujung tombak dalam membangun kesatuan bangsa yang mampu mempergerak kesatuan bangsa serta mampu memahami bahwa perbedaan dan kehidupan itu indah jika saling menghargai,” tambahnya.

Kemudian lagi, lanjut Hendrika, dimasa yang akan datang para anggota paskibraka ini bisa menjadi masyarakat Kabupaten Sintang yang mempunyai daya juang dan disiplin yang tinggi sehingga nantinya akan menjadi generasi penerus pemimpin nasional khususnya di Kabupaten Sintang. Oleh karena itu, ia berharap para anggota paskibraka dapat menerapkan pelajaran tersebut di kehidupan. “Semua orang berhasil karena disiplin, kalian sudah mendapatkan itu, jadi peganglah untuk mengantarkan kepada kesuksesan,” pesan Hendrika lagi.

Hendrika juga mengatakan paskibraka ini tentunya merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi para orangtua masing-masing anggota paskibraka, karena dengan terpilihnya 31 putra-putri terbaik sebagai anggota paskibra dinilai memiliki kemampuan dan persyaratan khusus, baik secara fisik, mental, moralitas dan disiplin yang tinggi.

“Patutlah kalian berbangga, karena kalian adalah representasi pemuda-pemudi kabupaten sintang yang istimewa dan berkualitas. amanah yang akan diberikan kepada saudara sangatlah mulia, karena sebagai tunas dan harapan bangsa serta negara,” kata Hendrika.

“Terima kasih kami sampaikan kepada orang tua anggota paskibraka yang telah memberikan dukungan kepada anak-anaknya sehinga mampu membagi tugas sebagai anggota paskibraka pada puncak hari ulang tahun ke-76 proklamasi kemerdekaan republik indonesia tahun 2021,” tambahnya lagi.

Selain itu, Hendrika juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pembina,pembimbing dan pelatih atas segala usaha serta kesabaran dalam membimbing putra dan putri terbaik kabupaten sintang selama proses pelatihan.

Perayaan hari kemerdekaan tahun ini kembali dilaksanakan secara sederhana karena pandemi Covid-19 yang terjadi belum usai. oleh karena itu, momentum ini harus dapat berjalan lancar tanpa mengurangi kekhidmatanya. “Ini bukan hal mudah, tapi saya yakin adik-adik semua dapat melaksanakannya,” ujar Hendrika.

“Dengan rasa bangga dan disertai doa, saya ucapkan selamat bertugas sebagai pasukan pengibaran bendera merah putih pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekan republik indonesia pada tanggal 17 Agustus tahun 2021 di kabupaten sintang. semoga tuhan yang maha esa memberikan ridho kepada kita bersama,” tukasnya. (*)