Pemkab Melawi Gelar Halal Bi Halal

oleh
Panji saat menyampaikan arahannya dalam kegiatan halal bi halal Pemkab Melawi di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi

MELAWI – Seperti tahun-tahun sebelumnya, usai perayaan hari raya Idhul Fitri, Pemerintah Kabupaten Melawi menggelar Halal Bi Halal. Begitu pula pada tahun 1440 Hijriyah/ 2019 Masehi ini. Pemkab menggelar Halal bihalal di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi, Rabu (26/6/2019).

Selain dihadiri seluruh jajaran Pemkab Melawi, juga dihadiri TNI, POLRI, para ibu-ibu PKK, GOW dan para tokoh di Melawi.

Panji dalam arahannya mengatakan, Sebagaimana diketahui bersama, bahwa halal bi halal merupakan suatu tradisi positif yang dilakukan umat islam. Khususnya di Indonesia, perayaan hari raya idul fitri. Guna menyempurnakan kemenangan dan kesucian yang diraih setelah melaksanakan puasa dan ibadah lain selama bulan suci ramadhan.

“Melalui kegiatan ini. Kita semua diharapkan dapat saling membersihkan diri dengan tulus dan ikhlas. Saling memberi dan meminta maaf kepada sesama atas segala khilaf dan dosa yang pernah kita buat. Tidak lagi mengulang kesalahan atau kehilafan yang pernah kita perbuat sebelumnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Panji menuturkan, sesuai dengan makna bulan syawal sebagai bulan peningkatan. Maka pada kesempatan ini Pemerintah juga mengajak semua elemen agar dapat menjadikan kegiatan ini sebagai wahana dan sarana untuk lebih memperkuat komitmen dan tekad.

“Guna lebih meningkatkan kualitas taaruf atau saling mengenal dan tafahum,” ucapnya.

Panji mengatakan, dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah ini khususnya, peningkatan jalinan silaturahmi tersebut memang sangat dibutuhkan. Begitu pula untuk mewujudkan visi dan misi kabupaten Melawi tahun 2016-2021.

“Dengab adanya jalinan kekeluargaan, koordinasi, komunikasi dan sinergitas. Baik itu antara sesama aparatur pemerintah kabupaten Melawi, maupun dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, maka niscaya semua itu akan berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang optimal sebagaimana kita harapkan bersama,” ujarnya.

Sehubungan dengan itu, lanjutnya, melalui kegiatan halal bi halal ini pihaknya kembali dan tak hentihentinya mengajak semua pihak, seluruh lapisan masyarakat di daerah ini tanpa terkecuali, untuk senantiasa bahu membahu, bersatu padu, bekerja sama. Serta memberikan dan meningkatkan pengabdian diri demi kemajuan kabupaten Melawi dicintai ini.

“Teruslah dan tak pernah berhenti untuk memberikan kontribusi terbaik bagi daerah ini. Sehingga seberat apapun tugas, tanggung jawab dan tantangan pembangunan yang dilaksanakan. Semua dapat kita jalani dan tuntaskan dengan sebaik-baiknya. Berdaya dan berhasil guna bagi percepatan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran seluruh lapisan masyarakat di negeri junjungan ini. Sehingga ke depan daerah ini semakin cemerlang. Gemilang dan terbilang,” katanya.

Panji juga mengajak untuk menjadikan keglatan halal bi halal sebagai momentum untuk menggugah dan membangun kesadaran baru untuk kembali pada harkat kemanusiaan sebagai makhluk yang fitrah sesuai makna hakiki idul fitri.

“Mari sama-sama kita jadikan kegiatan halal bi halal sebagai titik awal untuk berbenah diri. Menyiapkan konsep. Bekerja ikhlas. Berkarya nyata. Serta senantiasa berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam mempercepat tercapainya visi dan misi kabupaten Melawi tahun 2016-2021 yang menjadi azam dan ingin kita realisasikan bersama yakni terwujudnya kabupaten melavvi sebagai model negeri maju dan makmur di indonesia,” pungkasnya. (ED/KN)