Pemkab Sintang Berkolaborasi Gelar Operasi Katarak Gratis di RSUD Ade M Djoen Sintang

oleh

SINTANG, KN – Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan bakti sosial operasi katarak gratis bagi masyarakat selama 3 hari mulai dari 30 Juni sampai 2 Juli di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade M Djoen Sintang.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Seksi Penanggulangan Buta Katarak (SPBK) Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Yogyakarta, PT. Erlangga Edi Laboratories (Erela) dan Bank Danamon.

Kadis Kesehatan Kabupaten Sintang Edy Harmaini menjelaskan tujuan dari operasi katarak gratis ini untuk menurunkan jumlah angka penderita katarak, mengembalikan fungsi penglihatan bagi pasien, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Masyarakat sudah mendaftar di 20 puskesmas dan sudah diperiksa oleh petugas medis. Sehingga ada 180 orang yang bisa mengikuti skrining hari ini di RSUD AM Djoen Sintang. skrining berikutnya oleh tim dokter dari UGM. Ada 8 dokter spesialisa mata yang terlibat dalam operasi katarak gratis ini,” terang Edy Harmaini.

Direktur RSUD Ade M Djoen Sintang, Ridwan Toni Hasiholan Pane mengatakan bahwa baksos ini merupakan kegiatan dari Pemerintah Kabupaten Sintang dan RS Ade M Djoen ditunjuk menjadi tuan rumah.

“Total masyarakat yang mengikuti ada 180 dan hari ini sudah mulai proses skrining, perlu kami sampaikan dalam skrining ini banyak sekali kategorinya, sehingga yang dinyatakan tidak layak memang belum bisa dioperasi,” ucapnya.

Oleh sebab itu dia berharap setelah kegiatan ini, ada monitoring dan evaluasi dan bagaimana menindaklanjuti para pasien yang tidak bisa di operasi karena tidak lolos skrining.

“Tetapi kemudian jika kedepan ada yang layak atau tidak layak nanti akan kita ambil langkah-langkah selanjutnya,” tuturnya.

Andriyani Cahyaningsih Larosa selaku product manager dari PT Erela memaparkan perusahaanya adalah perusahaan farmasi yang didirikan di Semarang dan memasarkan obat-obatan di seluruh Indonesia.

“Kami sudah berdiri selama 59 tahun dan kami memiliki program CSR berupa Operasi Katarak Gratis. Kami tahun 2024 sudah menargetkan melaksanakan operasi katarak gratis di 30 titik. Dan Kabupaten Sintang merupakan lokasi ke 14 yang sudah dilaksanakan,” terang Andriyani Cahyaningsih Larosa.

Khairul Effendi dari Bank Danamon menjelaskan bahwa senang bisa berkolaborasi dengan Pemkab Sintang dalam mengatasi penderita katarak di Kabupaten Sintang.

“Katarak merupakan salah satu penyebab kebutaan di Indonesia. Katarak bila tidak diatasi, akan menyebabkan kebutaan permanen. Maka, kami mendukung operasi katarak gratis ini. Data kami, untuk Kalbar ini. Jika ada 100 orang, 2 diantaranya mengidap katarak. Kami sudah banyak terlibat dalam kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh banyak daerah,” terang Khairul Effendi.

“Kami mendoakan agar proses operasi katarak yang akan dilaksanakan selama 2 hari. Besok dan lusa, bisa berjalan lancar,” terang Khairul Effendi.