Peringati HUT Pemprov Kalbar, Pemkab Melawi Gelar Upacara

oleh
oleh

MELAWI – Memperingati Hari Ulang tahun (HUT) Pemerintah provinsi (Pemprov) Kalbar ke 62 tahun 2019, Pemkab Melawi melaksanakan upacara di halaman rumah jabatan Bupati Melawi, Senin (28/1). Kegiatan tersebut diikuti para organisasi, pelajar serta ASN dilingkungan Pemkab Melawi.

Sebagai Irup, Bupati Melawi mengatakan, dalam usia ke 62 tahun Pemprov Kakbar telah banyak hal yang dicapai. Capaian pembangunan merupakan proses yang berkelanjutan, oleh karena itu kewajiban bersama untuk melanjutkan dan meningkatkan kualitas pembangunan itu dalam semua aspek sesuai dengan visi dan misi Pemprov Kalbar 2019-2024.

“Tata kelola pemerintahan yang berkualitas adalah cara menyelenggarakan pemerintahan dengan prinsip-prinsip dasar penyelenggaraan pemerintahan yang baik good governance dengan 4 indikator terpenting yaitu transparansi partisipasi akuntabilitas dan koordinasi sebagai unsur yang utama,” ucapnya.

Adapun yang dimaksud dengan prinsip transparansi yaitu suatu prinsip dalam mengelola atau menjalankan pemerintahan bersifat terbuka dengan harapan informasi dapat diakses oleh pihak luar masyarakat pelaku usaha maupun instansi pemerintah lainnya baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Indikator tata kelola pemerintahan yang berkualitas lanjutnya adalah tingkat partisipasi masyarakat pemerintah daerah sangat menyadari bahwa dalam pelaksanaan pembangunan tidak akan dapat dilaksanakan sendiri namun memerlukan parsitipasi aktif Dari berbagai pihak dalam komponen masyarakat Kalimantan Barat.
Selain itu, akuntabilitas dimaknai sebagai suatu bentuk pertanggungjawaban atas berbagai aktivitas penyelenggaraan pemerintahan yang menjadi tanggung jawab dari setiap instansi pemerintah.

“Koordinasi dalam melaksanakan sub urusan pemerintahan dari masing-masing perangkat daerah adalah memastikan kepentingan bersama para pelakunya telah memiliki kesamaan pandangan yang diintegrasikan melalui dengan berkoordinasi secara cepat melalui komunikasi yang intensif mulai dari kepala daerah kepala perangkat daerah para pejabat administrator pengawas dan seluruh staf dalam mencapai kepentingan bersama,” lanjutnya

“Meningkatkan tata kelola pemerintahan adalah bentuk tanggung jawab kita dalam melaksanakan tugas yang tidak hanya kita pertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku namun yang lebih penting adalah akan kita pertanggungjawabkan kepada Allah Yang Maha Kuasa,” paparnya.

“Semoga apa yang telah disampaikan dapat semakin memperkuat etos kerja kita dan menjadi pemacu semangat kita semua bersama untuk semakin gigih bekerja demi Provinsi Kalimantan Barat yang kita cintai ini menjadi semakin baik dan semoga Tuhan yang maha kuasa memberikan berkat dan rahmatnya kepada seluruh usaha dan kerja keras kita sehingga Provinsi Kalimantan Barat dapat semakin maju dan berkembang seiring dengan apa yang kita inginkan bersama,” paparnya. (Ed/KN)