Pilkades Serentak Kabupaten Sintang Berlangsung Lancar

oleh
Forkopimda Ninjau Pilkades di TPS Sintang Kota

SINTANG, KN – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Herkulanus Roni menjelaskan kondisi terkini pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sintang. “tadi jam 13. 00 sebanyak 1. 005 tempat pemungutan suara di 291 desa sudah ditutup proses pencoblosan.

Setelah itu panitia pemilihan di TPS istirahat, baru melakukan penghitungan suara. Sampai pukul 13. 30 WIB ini, kami tidak menerima laporan gangguan dan hambatan dari petugas di lapangan.

“Artinya semua berjalan lancar, aman, damai dan demokratis. Tetapi kita terus melakukan komunikasi dengan teman-teman di kecamatan. Kita monitor terus kondisi di lapangan” terang Herkulanus Roni.

Lanjut Roni, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang kita laksanakan ini sangat besar. Karena 74 persen desa di Kabupaten Sintang melaksanakan pilkades secara serentak.

“Kita sudah mengeluarkan aturan, pedoman, dan tata cara untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) ini. Sehingga bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar. Tahun 2022 mendatang ada 74 desa lagi yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak ini” terang Roni.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sintang yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menyampaikan sebanyak 291 desa sudah melakukan pemungutan suara dengan lancar.

“dari pagi hingga siang ini. Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) bisa berjalan lancar dan aman. Saya berdoa dan berharap agar aman dan lancar sampai ke tahapan penetapan pemenang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). dan bagi yang kalah saya mita  agar legowo menerima hasil proses yang sudah demokratis ini namanya juga berkompetisi dan siap kalah dan menang. Dan bagi yang memang jangan merayakan secara berlebihan. Malah yang menang harus mulai mencatat janji-janjinya saat kampanye, karena masyarakat tidak akan lupa dengan janji-janji tersebut ” terang Yosepha Hasnah. (*)