PKK Gelar Lomba Masak Serba Ikan Untuk Menggali Kreatifitas Menu Masakan

oleh

MELAWI,KN-Memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke 17 dan memperingati HUT RI ke 74, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Melawi menggelar lomba memasak, dengan berbahan dasar serba ikan di tingkat Kabupaten Melawi, Rabu (21/8) Peserta dalam kegiatan tersebut, kader PKK kecamatan se Kabupaten Melawi dan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Nanga Pinoh.
Sembari menunggu juri melakukan penialaian terhadap aneka jenis masakan berbahan baku ikan serba tersebut, kegiatan diisi dengan seminar yang disampaikan oleh berbagai nara sumber dari TP. PKK Kabupaten Melawi.
Nurbetty Eka Mulyastri Panji selaku ketua TP-PKK Melawi mengatakan, lomba memasak serba ikan dalam memperingati hai ikan nasional ke-17 tahun ini mengambil tema ragam menu masakan ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stanting dan mencerdaskan anak.
“Tujuannya untuk menyebarluaskan informasi tentang kandungan dan manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga berbahan baku ikan. Kemudian untuk memperkenalkan ragam menu dan masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas,” katanya.
Dengan lomba masak serba ikan, lanjutnya, juga sebagai upaya mendukung pemanfaatan sumber daya ikan yang berkedaulatan dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat, meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan-ikan lokal. “Kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta terdiri dari 8 Kecamatan dan 7 dari SMK di Kabupaten Melawi. Adapun kategori penilaian lomba terdiri dari kreativitas, penyajian, citarasa, higienis, aman, halal dan nilai gizi,” terangnya.

Bupati Melawi ketika menyerahkan piala kepada para pemenang lomba masak serba ikan tingkat kabupaten Melawi tahun 2019

Wanita yang akrab disapa Astrid tersebut mengatakan, diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk meningkatkan keterampilan memasak para peserta lomba, memperkenalkan keanekaragaman masakan yang berasal dari bahan baku ikan, menyebarluaskan informasi menu olahan ikan yang mempunyai nilai gizi dan protein tinggi. Selain itu lomba ini juga bertujuan untuk mendorong pemerataan dan peningkatan konsumsi ikan untuk mewujudkan ketahanan pangan berbasis produk perikanan yang ada di daerah masing-masing.
“Dengan pola Masak serba ikan ini juga dapat mempromosikan kepada masyarakat untuk gemar makan ikan. Pemenuhan gizi merupakan hal mendasar, sementara gizi yang tepat dari mengkonsumsi ikan adalah memberikan stimulus terhadap kreativitas dan daya pikir setiap individu sehingga hal ini akan memberikan produktivitas dalam berkarya secara berkelanjutan gemar memakan ikan,” paparnya.
Ia menuturkan, lomba masak serba ikan dipandang perlu untuk mendorong kreativitas dalam menciptakan kemampuan khususnya bagi ibu rumah tangga dalam menyajikan menu khusus berbahan baku ikan. “Dengan semakin variatif nya cara pengolahan ikan yang akan dikonsumsi, diharapkan dapat mendorong masyarakat mengkonsumsi ikan lebih banyak,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) melawi, Oslan Junaidi mengatakan, lomba memasak serba ikan ini bertujuan meningkatkan kreatifitas masyarakat, memperkenalkan keanekaragaman makanan serba ikan, memberikan makanan serba ikan olahan dan menghimbau anak sekolah untuk meningkatkan gizi lewat makan ikan serta memberikan kesempatan bagi peserta untuk menampilkan kreatifitasnya mengolah bahan serba ika.
“Lomba itu sediri memiliki sasaran terciptanya keanekaragaman makanan serba ikan yang sehat dan halal, tersosialisasinya menu beragam bergizi, seimbang, aman dan halal kepada masyarakat, tumbuhnya minat mengkomsumsi ikan, terciptanya budaya makan ikan bagi masyarakat serta tumbuhnya kuliner berbasis ikan di masyarakat,” terangnya.
Oslan mengatakan, dalam membantu tersosialisasinya menu beragam ikan, pihaknya sebagai instansi terkait, siap mendukung dengan menyalurkan bantuan benih ikan, mana mana dalam waktu 3 bulan kedepan akan dilakukan pengecekan keberhasilannya. “Ia juga berharap para juara lomba masakan serba Ikan ini nantinya dapat menciptakan menu kreasi masakan ikan yang nantinya dapat menjadikan salah satu wisata kuliner bagi Kota juang,” paparnya.
Sementara itu, pada kesempatannya, Bupati Melawi, Panji mengapresiasi pelaksanaan lomba masak serba ikan. Dia mengatakan, ini adalah kesempatan yang baik untuk memanfaatkan potensi periaran sungai yang ada di kabupaten ini. “Apalagi budidaya di Melawi cukup memiliki potensi bagus,” terangnya.
Panji berharap, lomba masak serba ikan tersebut agar ada tindak lanjut. Misalnya dengan diselenggarakan gerakan pasar ikan murah yang dilaksanakan satu kali dalam satu bulan. “Terutama para camat. Saya berharap agar lebih berinovasi buat gerakan pada bidang perikanan,” pesanya.
Dadang menambahkan, harus diakui, konsumsi ikan masyarakat melawi masih sangat rendah. Rata-rata perkapita masih di bawah konsumis daerah pulau jawa. Hal ini sangat bertolak belakang dengan kekayaan potensi perikanan di Melawi khususnya dan di kalimantan umumnya. “Oleh sebab itulah, untuk meningkatkan konsumsi ikan, masyarakat perlu dirangsang melalui gerakan-gerakan program perikanan,” paparnya.
Menurutnya, kegiatan lomba masak serba ikan memiliki makna penting untuk menciptakan resep masakan yang kreatif dan inovatif guna mewujudkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi ikan. “Kegiatan ini juga sebagai sarana sosialisasi dan mendorong masyarakat sehingga gemar makan ikan sebagai upaya meningkatkan gizi masyarakat, sehingga terbentuk generasi sehat, kuat dan cerdas,” ujarnya.
Dengan letak geografis dan potensi perikanan yang besar bagi Kabupaten Melawi, dirinya berharap pemerintah dan masyarakat mampu memanfaatkan kondisi demikian, salah satunya pengembangan budi daya perikanan dan perikanan tangkap. Melalui kegiatan ini dirinya mengajak kepada seluruh pihak agar terus menyosialisasikan dan membudayakan gemari ikan melalui berbagai kegiatan. “Ini untuk mewujudkan masyarakat Melawi yang sehat, cerdas, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.
Dalam lomba memasak ikan tersebut, telah dilakukan penialian oleh para juri. Dimana sesuai keputusan juri secara bersama-sama. untuk PKK tingkat kecamatan se kabupaten Melawi, Juara 1 diraih oleh PKK Belimbing Hulu, Juara 2 diraih PKK Nanga Pinoh, dan Juara 3 diraih PKK Tanah Pinoh. sementara untuk harapan 1, diraih PKK Tanah Pinoh Barat, harapan 2, diraih PKK Sayan, dan harapan 3, diraih PKK Menukung. Sementara juara pavorit diraih oleh PKK Pinoh Utara.
Sementara untuk tingkat SMK. Juara 1 diraih oleh SMK Negeri 1 Nanga Pinoh, juara 2 SMK Belian Permai, juara 3 SMK Nusantara. Sementara juara harapan 1 SMK Nusantara, harapan 2 SMK Sabjanoba,
dan Harapan 3 SMK Negeri 1. Untuk juara pavorit tingkat SMK yakni SMK Sabjanoba. (ed/KN)