Polres Melawi Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

oleh
Kapolres melakukan penyematan pita Operasi Lilin Kapuas 2018 kepada masing-masing perwakilan

MELAWI – Polres Melawi melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin tahun 2018, Jumat (21/12) di Halaman Bhayangkara Polres Melawi. Kegiatan yang diikuti TNI, Dishub, Sat Pol PP dan para organisasi kemasyarakatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin.

Pada kegiatan tersebut, selain menyampaikan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. M. Tito Karnavian, terkait pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Ia juga mengingatkan agar seluruh pemangku kepentingan perlu melakukan konsolidasi bersama sembari mengecek kesiapan pengamanan, serta menyamakan persepsi, agar pengamanan dapat berjalan dengan lancar. Soliditas dan sinergisitas yang baik di antara para pemangku kepentingan, menjadi salah satu kunci utama yang harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan.

“Dengan begitu akan memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat, seperti terjadinya peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, mobilitas moda transportasi, serta peningkatan demand terhadap kebutuhan pokok khususnya bahan pangan. Kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

Polri bersama segenap jajaran TNI dan stakeholders terkait melaksanakan operasi kepolisian terpusat yang aman digelar selama 12 hari terhitung sejak 21 Desember 2018. Dalam hal ini, Polri telah menginventarisir beberapa potensi kerawanan.

“Diantaranya kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, potensi aksi terorisme, sweeping Ormas dan aksi intoleransi, kecelakaan moda transportasi baik darat, laut, maupun udara, ketersediaan dan stabilitas harga pangan, serta kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Namun alhamdulillah untuk di Melawi tidak ada potensi yang terlalu menonjol, hanya kemacetan jalan dankecelakaan lalulintas,” paparnya.

Selain melaksanakan apel gelar pasukan, Polres juga melaksanakan latihan pra operasi guna meningkatkan dan memantapkan kembali kinerja anggota dalam pelaksanaan tugas selama operasi lilin kapuas 2018, yang dilaksanakan di Aula Tribrata Mapolres Melawi di pimpin Waka Polres Melawi, Kompol Jajang.

Dalam kesempatan tersebut Jajang mengingatkan agar para personil yang terlibat dalam pengamanan terutama para Kasub Satgas memahami betul situasi dan kondisi diwilayah tugasnya masing – masing. Agar pelayanan terhadap masyarakat yang menjalankan dan merayakan Ibadah Natal dan Tahun Baru, dapat dengan tenang dan nyaman menjalankan Ibadahnya.

“Lakukan pelayanan dan pengamanan dengan baik dan benar kepada masyarakat, namun jangan lupa juga untuk menjaga keselamatan diri. Laksanakan tugas dengan tidak mengesampingkan SOP,” pesannya.

Jajang juga mengingatkan kepada seluruh anggotanya agar melaksanakan pengamanan dengan maksimal dan optimal. Saat merayakan moment tahun baru, seluruh anggota yang melaksanakan Pam Jalan Raya sampai pukul 01.00 wib.

“Laksanakan tugas dengan hati yang ikhlas dan sesuai SOP, tetap semangat serta selalu pasang mata dan telinga. Dengan anggaran yang terbatas Operasi kemanusiaan ini harus kita jalankan dengan iklas dan sambil ibadah,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Ops AKP Sofyan menambahkan Operasi Lilin Kapuas 2018 ini, adalah operasi terpusat serentak dilaksanakan seluruh Indonesia. Operasi untuk menjaga perayaan natal 2018 dan tahun baru 2019. Operasi tersebut akan dimulai 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019. Dia juga menjelaskan, kegiatan latihan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada seluruh personel Polres Melawi yang terlibat dalam Operasi Lilin Kapuas – 2018 yang meliputi tindakan-tindakan apa yang akan dilakukan.

“Pada saat pengamanan gereja, mensiasati arus lalu lintas yang diperkirakan akan mengalami kemacetan. Bagaimana strategi evakuasi, sterilisasi, pengecekan jemaat gereja, demi kelancaran masyarakat yang sedang melaksanakan Perayaan Natal 2018,” terangnya. (KN)