Ratusan Pelajar di Melawi Ikuti Apel Besar Millenial

oleh

MELAWI – Ratusan pelajar dari berbagai sekolah tingkat SMA, SMK dan MA mengikuti apel besar millenial road safety festival di Mapolres Melawi, Rabu (23/1) di halaman Polres Melawi. Kegiatanyang dihadiri Wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa, Para Kepala Sekolah dan guru di Kabupaten Melawi, Pejabat Polres Melawi tersebut dilaksanakan sebagai mewujud generasi millennial cinta lalu lintas menuju indonesia gemilang.

Kapolres Melawi dalam arahannya mengatakan, bahwa millennial road safety festival merupakan program nasional gebrakan untuk mengawali tahun 2019. Dengan tujuan memberikan pemahaman kepada kuala muda untuk membeerikan keterbukaan pikiran, memiliki kepercayaan diri yang baik, sangat mampu mengekspresikan perasaan, pribadi yang bebas berkreasi dan berekspresi, optimis, dan terbuka dalam ide-ide gaya hidup baru.

“Pemuda sangat perli peningkatan kualitas sosial dengan memanfaatkan kecepatan dan kemudahan teknologi. Berdasarkan data integrated road safety manageman system Korlantas Polri, kecelakaan di Indonesia mencapai 107.968 kasus pada tahun 2018, faktanya kecelakaan tersebut didominasi kaum muda yang masih produktif atau yang disebut kaum millennial dengan jumlah sebesar 56,87 persen dan secara spesifik 24,43 persen korban berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa,” jelasnya.

Lebih lanjut Fadlin mengatakan tentu angka kecelakaan tersebut sangat mengkhawatirkan dan memerlukan perhatiaan dari semuap pihak, termasuk kaum millennial .

“Tingginya tingkat fatalitas korban kecelakaan dari kaum Milenial dapat berdampak pada angkatan kerja dan potensi sumber daya manusia terlebih pada proses regenerasi kepemimpinan nasional dimasa depan. Usia produktif Indonesia terbilang fantastis. Mereka yang berusia 15-64 tahun mencapai 171,9 juta jiwa atau 76,3 dari populasi nasional sebagian diantaranya adalah kaum milenial yang berusia di usia 17 sampai 35 tahun,” ujarnya.

Maka dari itu, program Millennial Road Safety Festival sangat penting untuk meningkatkan kesadaran pelajar generasi millennial agar tertib berlalu lintas. Dengan harapan program tersebut tidak sekedar seremoni dan sosialisasi. Tetapi dilaksanakan dengan serius dengan dukungan semua pihak, agar kesadaran tertib berlalu lintas membudaya, terutama di kalangan generasi muda.

“Secara khusus, saya memberikan apresiasi terhadap generasi muda Kabupaten Melawi yang sudah memiliki sikap disiplin yang tinggi mau mematuhi peraturan lalu lintas. Apel Besar dalam rangka menggelorakan semangat Kaum Millennial Kabupaten Melawi untuk tertib dalam berlalu lintas,” paparnya.

Diakhir acara dilaksanakan penandatanganan deklerasi bersama untuk mewujudkan kaum millennial cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang yang dimulai oleh Kapolres Melawi, Wakil Bupati Melawi, diikuti Dewan Guru dan Generasi Millenial secara bergantian membubuhkan tandatangan mereka. (Ed/KN)