Selama Tahun 2022 Belasan Produk UMKM Dapatkan Sertifikasi Halal di Sintang

oleh
oleh
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sintang, Arbudin.

SINTANG, KN – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sintang, Arbudin mengungkapkan bahwa selama tahun 2022 sudah belasan Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapatkan sertifikasi halal.

“Selama tahun 2022 banyak ya, tercatat sudah belasan produk UMKM yang mendapatkan sertifikasi halal. Mulai dari produk kopi, terus keripik dan ada beberapa lagi,” ucapnya ketika ditemui di Ruang Kerjanya pada Selasa, 10 Januari 2023.

Ia mengatakan, manfaat dari sertifikasi halal ini, salah satunya mudah memasuki gerai-gerai yang ada. Kemudian ada jaminan legalitas.

“Tentu peluang untuk memasarkan keluar daerah juga sangat besar dan juga harga dapat menjadi tinggi karena mengikuti harga pasar pada umumnya,” kata Arbudin.

Pada tahun 2023 ini, pihaknya kata dia juga akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk membantu UMKM agar produknya memiliki sertifikat halal.

“Kepada seluruh pelaku UMKM di Kabupaten Sintang, saya meminta untuk bisa bersama-sama dengan kami dalam mengurus sertifikasi ini. Karena manfaatnya sangat banyak sekali,” tuturnya.

Selain itu, Arbudin juga mengatakan bahwa pertumbuhan UMKM di Kota Sintang pada saat ini sangat luar biasa sekali, terutama yang dibidang kuliner.

“Ini luar biasa, mereka menempati posisi teratas, walaupun masih ada beberapa yang menyalahi ketentuan. Namun yang namanya peluang, masyarakat yang cerdas itu mulai memanfaatkannya,” jelasnya.

Ia menyebut pertumbuhan inilah yang menjadi fokus pihaknya untuk dibantu, salah satunya menyiapkan lokasi yang representatif.

“Tentunya ini harus kita bantu, kemudian kita juga memberikan semacam bantuan untuk mereka. Mudah-mudahan apa yang telah kita lakukan dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM ini,” pungkasnya. (Fer)