Viral… Pedagang Makanan Keliling di Sintang Berjualan di Komplek Rusun Tempat Isolasi Pasien Positif Covid-19

oleh

SINTANG, KN – Masyarakat Kabupaten Sintang pada hari ini dibuat Geger oleh sebuah foto yang beredar di media sosial, yang memperlihatkan seorang pedagang makanan keliling sedang berjualan di kompleks rumah susun, tempat isolasi pasien positif Covid-19.

Pada foto yang beredar masif dimedia sosial tersebut tampak Beberapa pasien positif Covid-19 sedang berbelanja dengan pedagang makanan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya pedagang keliling yang berjualan di rusun tempat karantina pasien Covid-19.

“Benar pak, pedagang tersebut sudah kami usir berkali kali, tetapi tetap saja berjualan dikomplek rusun. Hari ini juga kami akan surati Pol PP untuk bantuan pengamanan,” ujar Sinto.

Sinto juga membenarkan bahwa penghuni rusun merupakan salah satu pembeli barang dagangan penjual makanan keliling yang dimaksud.

Terkait identitas penjual makanan keliling tersebut, Sinto menjawab. “Orangnya itu-itu aja,” ungkapnya.

Ketika ditanya apakah pedagang keliling pernah diswab atau belum, Sinto mengungkapkan bahwa yang bersangkutan menolak.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang, Bernhard Saragih saat dikonfirmasi mengatakan penjual makanan yang berjualan dikomplek rusun tersebut sudah di bahas pada rapat yang dilaksanakan pada siang hari tadi.

“Sebenarnya Satgas bidang penegakan disiplin dan penegakan hukum yang menangani masalah ini di bawah komando Kasat Pol PP,” kata Saragih.

Kemungkinan besar Pol PP, kata Saragih kekurangan biaya dalam menanggani hal tersebut.

“Satuan tugas inikan gabungan, bukan hanya BPBD aja, makanya tadi dalam rapat disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, beliau sudah menghubungi Pol PP untuk melakukan penertiban dan membuka pos jaga,” tukasnya. (*)