Wujud Nyata Kepedulian TNI Lewat TMMD

oleh
oleh

MELAWI – Selain sasaran pembangunan fisik dan non-fisik, pelaksanaan TMMD ini juga membawa misi khusus, yaitu untuk menyatukan perbedaan dalam masyarakat guna mencegah potensi perpecahan dan berkembangnya intoleransi, serta menumbuhkan kedekatan antara rakyat dengan prajurit TNI. Hal ini yang disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono dalam amanatnya yang dibacakan Inspektorat Kodam (Irdam) XII/Tanjungpura, Kolonel Kav M. Zulkifli, S.I.P., M.M., saat memimpin Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa ke-103 Kodim 1205/Sintang di Lapangan Bola Desa Tanjung Paoh, Kecamatan Pinoh Utara, Kabupaten Melawi, Selasa (13/11/2018).

Dikatakan juga oleh Kasad, Program TMMD merupakan refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen Bangsa, yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat.

”Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan roh perjuangan Bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara,” ujar Kasad.

Kasad juga menjelaskan bahwa pada program TMMD kali ini juga telah mewujudkan sinergi dan kerja sama antara 8 Lembaga Pemerintah setingkat Kementerian. Yang mengangkat tema “TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis.” Tema ini sejalan dengan visi Pemerintah Pusat melalui kebijakan “Membangun Indonesia dari pinggiran”.

Satgas TMMD ke-103 Kodim 1205/Sintang berhasil membangun sasaran fisik untuk masyarakat Desa Tanjung Paoh berupa pembangunan badan jalan sepanjang 8 KM, pembangunan 2 buah jembatan, pembangunan 6 buah gorong-gorong yang dalam pengerjaanya dilakukan secara bersama sama antara Satgas TMMD Kodim 1205/Stg dengan masyarakat. Serta sasaran non fisik yaitu memberikan penyuluhan pertanian, penyuluhan wasbang, penyuluhan narkoba dan penyuluhan karhutla pada warga.

Atas keberhasilan program TMMD tersebut masyarakat Desa Tanjung Paoh sangat berterima kasih dan bangga kepada TNI khususnya Kodim 1205/Sintang yang telah membantu pembangunan di wilayah mereka. Yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanjung Paoh. Kedepannya juga mereka menginginkan program TMMD dapat dilanjutkan lagi di wilayah mereka.

Pada kesempatan tersebut Irdam XII/Tpr, Kolonel Kav M. Zulkifli, S.I.P., M.M., juga memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Tanjung Paoh berupa sarana olah raga. Selain itu juga meninjau hasil pelaksanaan pembangunan serta meninjau pelaksanaan bakti sosial berupa pengobatan gratis bagi masyarakat.

Turut hadir dalam acara, Dandim 1205/Sintang, Letnan Kolonel Inf Rahmad Basuki, Kasiterrem 121/Abw, Kolonel Inf Nyamin, Pabung Kodim 1205/Stg, Mayor Arm Istiadi, Sekda Kab. Melawi, Drs. Ifo Titus Mulyono, Msi, Camat Pinoh Utara, serta Forkopimda Kab. Melawi. (Pdm)